Connect with us

TechnoBusiness News

Berkat AI, L’Oréal Jadi Perusahaan Terinovatif Kalahkan Coca-Cola

L’Oréal menjadi perusahaan terinovatif berkat AI dan AR.

Published

on

Seorang pramuniaga sedang menunjukkan salah satu produk kosmetik buatan L'Oreal. ● Foto: L'Oreal Indonesia

L’Oréal menempati posisi puncak dalam daftar Future Readiness Indicator 2024 yang dirilis IMD baru-baru ini.

“Menekan biaya dengan cara tradisional tidaklah cukup. Saat ini, konsumen banyak tuntutan.”

Advertisement

Jakarta, TechnoBusiness ID L’Oréal, perusahaan kosmetik multinasional asal Clichy, Prancis, berhasil menjadi perusahaan terinovatif mengalahkan Coca-Cola dan Procter & Gamble Co. (P&G) berkat teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR).

TechnoBusiness News: CEO Arvind Khrisna: Fokus IBM Saat Ini Adalah AI

Predikat itu terungkap berdasarkan indeks Future Readiness Indicator 2024 kategori Produk Kemasan Konsumen (Consumer Package Goods/CPG) yang dirilis oleh The International Institute of Management and Development (IMD) baru-baru ini.

Dalam indeks tersebut, L’Oréal sukses menempati posisi teratas dengan skor 100, naik dua peringkat dari tahun lalu. Coca-Cola yang tahun lalu berada di posisi puncak tergeser ke posisi dua dengan skor 90,68. Begitu juga dengan P&G tergeser dari posisi dua ke tiga (80,4).

Direktur IMD Center for Future Readiness Howard Yu yang menyusun laporan itu mengungkapkan bahwa kemampuan L’Oréal dalam memanfaatkan AI, omnichannel, kemitraan, dan social listening di kategori CPG berada di skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.  

L’Oréal mampu memanfaatkan AI dan AR untuk memberikan rekomendasi produk, diagnostik kulit, dan uji coba produk secara virtual. “Hal itu sejalan dengan bertambahnya tuntutan konsumen yang kian tertarik pada pengalaman sesuai kebutuhan mereka,” katanya.

Advertisement

L’Oréal lantas memanfaatkan data sebagai dasar untuk mengambil keputusan (data driven decision making). Sebagai contoh, dengan melakukan social listening, perusahaan dapat menganalisis kebiasaan pembeli dan menentukan lini produk yang paling potensial berikutnya.

Setelah itu, perusahaan juga bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan kampanye pemasaran dan optimasi rantai pasokan (supply chain) sebuah produk. Pada akhirnya, perusahaan akan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan dan profit.

Yu menekankan, “Kesuksesan L’Oréal menunjukkan menekan biaya produksi dan distribusi dengan cara tradisional saja tidaklah cukup. Saat ini, konsumen banyak tuntutan.” Untuk menjawab tuntutan itu, pemanfaatan teknologi adalah jawabannya.

TechnoBusiness News: Autodesk Akuisisi Pengembang Animasi 3D Wonder Dynamics

Alhasil, dengan memanfaatkan teknologi AI dan AR, L’Oréal bukan hanya mampu meningkatkan penjualan dan profit, tapi juga mengalahkan kompetitor sekelasnya seperti Estée Lauder, Shiseido, dan Revlon. Ketiga kompetitornya pun akhirnya menggunakan AI dan AR.

Advertisement

Di kategori minuman ada Nestle dan Diageo yang terbukti lebih unggul dalam inovasi dibanding Dr. Pepper dan General Mills berkat pemanfaatan teknologi AI dan AR. Artinya, kunci memenangkan persaingan pasar saat ini adalah pemanfaatan teknologi.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID