Sampai saat ini, teknologi BlackBerry QNX setidaknya telah dipakai oleh 40 pabrikan kendaraan terkemuka dunia.

Jakarta, TechnoBusiness ID BlackBerry Limited (NYSE: BB, TSX: BB), perusahaan pengembang teknologi perangkat lunak dan layanan keamanan yang berbasis di Waterloo, Toronto, Kanada, bersama LG Electronics Inc. sepakat memperluas kemitraan antarkeduanya.

Baca Juga: Purjono Agus Suhendro Berbincang dengan CEO Indodax Oscar Darmawan

BlackBerry bersama perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu bertekad mempercepat penyebaran teknologi kendaraan terhubung dan otonom (connected and autonomous vehicle technology) untuk pabrikan otomotif (original equipment manufacturer) dan pemasok di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari perjanjian, LG akan menggunakan serangkaian perangkat lunak dan layanan BlackBerry QNX untuk membangun kokpit konsolidasi digital generasi baru, termasuk sistem infotainmen, kluster instrumen, dan sistem telematika sejumlah OEM.

Selama ini, sejumlah OEM itu, yang menurut LG sekitar 40 perusahaan, termasuk Audi, BMW, Ford, GM, Honda, Jaguar, Mercedes-Benz, telah menanamkan teknologi BlackBerry QNX setidaknya ke 150 juta kendaraan yang beredar di jalanan saat ini.

Baca Juga: Lazada Ganti Logo. Apa Maknanya?

Menurut Kaivan Karimi, Senior Vice President dan Co-Head BlackBerry Technology Solutions BlackBerry Inc., BlackBerry sudah hampir 15 tahun memasok teknologi solusi perangkat lunak BlackBerry QNX kepada LG.

Teknologi-teknologi itu, di antaranya QNX Software Development Platform (SDP 7.0), QNX OS for Safety, QNX Hypervisor, QNX Accoustics Middleware, QNX SDK for Apps and Media, dan layanan teknis profesional untuk integrasi system level, optimalisasi kinerja, dan validasi solusi.

“BlackBerry QNX telah menjadi mitra jangka panjang dan andal selama lebih dari satu dekade … yang telah membantu LG menciptakan jutaan sistem berkualitas tinggi untuk para produsen mobil di dunia,” kata Hwang Won Yong, Head of Audio, Video, Navigation, and Cluster Engineering LG’s Vehicle Component Solutions Company.

—Ivan Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: BlackBerry QNX