Pasar central kitchen global terus berkembang.

Pasar central kitchen global diproyeksikan bernilai US$139,37 miliar pada 2028.

California, TechnoBusiness Insights Di era digital seperti sekarang ini, layanan pesan antar makanan online (online food delivery service) pun menjadi tren.

Baca Juga: Central Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Masa Depan?

Konsumen dapat memilih makanan dan minuman yang diinginkan melalui aplikasi dengan mudah. Tinggal klik, beberapa menit kemudian menu pilihan akan datang.

Konsumen hanya tahu makanan itu dibeli di restoran atau kedai apa tanpa tahu makanan itu dimasak di mana. Padahal, bisa jadi makanan itu bukan dimasak oleh restoran tersebut, melainkan oleh koki-koki central kitchen.

Baca Juga: Layanan Pesan Antar Makanan Online Bernilai US$126,91 Miliar

Apa itu central kitchen? Central kitchen adalah dapur terpusat atau tersentralisasi yang berada di satu titik tertentu untuk melayani restoran-restoran atau gerai-gerai yang ada di sekitarnya.




Central kitchen, yang biasa disebut juga cloud kitchen atau commisarry kitchen, bisa dikembangkan oleh satu perusahaan restoran untuk melayani jaringan cabang atau waralabanya.

Baca Juga: 3 Merek Teknologi Paling Bernilai Asal China 2021

Tapi, bisa juga dihadirkan oleh sebuah perusahaan yang memang bisnisnya adalah central kitchen atau independent central kitchen untuk melayani restoran-restoran, gerai-gerai, atau usaha kecil di daerah tertentu.

Saat ini, central kitchen sedang booming di seluruh dunia. Firma riset pasar Global View Research, Inc. yang berbasis di California memproyeksikan pasar central kitchen global sepanjang 2021-2028 akan tumbuh 12,4%.



Pada 2028, pasar central kitchen global, termasuk yang disumbangkan oleh independent central kitchen, diperkirakan bakal bernilai US$139,37 miliar.

Baca Juga: 10 Kategori Produk E-Commerce Paling Berkembang Saat Ini  

Pasar central kitchen di China, India, dan Jepang tercatat paling bergairah se-Asia Pasifik. Kemunculan pandemi COVID-19, yang memaksa semua orang tetap di rumah, semakin menyuburkan pasar tersebut.

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: Global View Research, Inc., Juni 2021

Foto: FullHouse Kitchen


Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here