Adobe bergabung dalam pembentukan C2PA.

Enam entitas teknologi dan media global sepakat membentuk C2PA untuk memerangi disinformasi yang semakin berkembang.

California, TechnoBusiness US • Enam entitas teknologi dan media global, antara lain Adobe, Arm, BBC, Intel, Microsoft, dan Trupic, pada Senin (22/2) mengumumkan telah sepakat membentuk Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA).

Baca Juga: Setelah Mencapai Puncak, Harga Bitcoin Terjun Bebas

C2PA yaitu proyek Joint Development Foundation yang didirikan untuk mengatasi prevalensi disinformasi, misinformasi, dan penipuan konten online melalui pengembangan standar teknis untuk mengesahkan sumber dan riwayat atau asal konten media.


Anggota C2PA akan bekerja sama untuk mengembangkan spesifikasi asal konten dengan jenis dan format aset umum agar penerbit, pembuat, dan konsumen dapat melacak asal dan evolusi suatu media, termasuk gambar, video, audio, dan dokumen.

Baca Juga: Cuitan Elon Musk Soal Bitcoin Kikis US$15,2 Miliar Hartanya

Standar terbuka C2PA tersebut diharapkan mampu melestarikan dan membaca konten digital berbasis sumber. Sebab, standar terbuka dapat diadopsi oleh platform online apa pun yang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan di seluruh internet.


C2PA didirikan untuk mengatasi prevalensi disinformasi, misinformasi, dan penipuan konten online.

Pembentukan C2PA telah menyatukan anggota pendiri dari Content Authenticity Initiative yang dipimpin Adobe dengan Project Origin yang digiatkan oleh Microsoft dan BBC untuk menjalankan satu program penting secara bersama-sama.

Baca Juga: YouTube Shorts, “Alat Baru” YouTube untuk Saingi TikTok?

“Adobe bangga menjadi anggota pendiri C2PA bersama dengan mitra kami di bidang teknologi dan media,” kata Dana Rao, Penasihat Umum dan Sponsor Eksekutif Inisiatif Keaslian Konten Adobe. “Penyedia berita berperan penting dalam memerangi disinformasi,” lanjut Jatin Aythora, Kepala Arsitek BBC.•

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US • Foto: Adobe

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here