Microsoft akan membangun data center di Indonesia tahun ini.

Setelah 26 tahun kehadirannya, akhirnya Microsoft membangun data center pertamanya di Indonesia tahun ini.

Jakarta, TechnoBusiness ID • Microsoft Corporation (Nasdaq: MSFT), raksasa teknologi asal Redmond, Washington, akan meningkatkan investasinya dengan membangun data center regional pertama di Indonesia tahun ini.

Baca Juga: Terpikat Senyummu jadi Lagu Orisinal TikTok Pertama

Data center itu dibangun untuk menghadirkan layanan cloud terpercaya dengan keamanan data kelas dunia secara lokal. Itu menjadi bagian dari inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia.

Selain itu, Microsoft juga berencana menambah pelatihan bagi 3 juta orang dan memberdayakan lebih dari 24 juta orang di Indonesia hingga akhir tahun demi membantu menciptakan peluang ekonomi yang inklusif.

Berbagai upaya Microsoft itu diharapkan dapat mendorong percepatan transformasi digital Indonesia dalam mewujudkan visinya menjadi negara dengan ekonomi digital terdepan di Asia Tenggara.

Baca Juga: 6 Entitas Teknologi dan Media Global Bentuk C2PA, Apa Itu?



Tidak disebutkan berapa nilai investasinya dalam pengumuman itu, tapi firma riset IDC menyebut investasi Microsoft di Indonesia diharapkan menghasilkan pendapatan baru hingga US$6,3 miliar dari ekosistem pelanggan dan mitra lokal.


Data center itu dibangun untuk menghadirkan layanan cloud kelas dunia secara lokal.

Juga, masih menurut IDC, bisnis yang mengonsumsi cloud dari data center Microsoft diharapkan dapat menyumbangkan 60.000 pekerjaan bagi ekonomi nasional selama empat tahun ke depan.

Baca Juga: YouTube Shorts, “Alat Baru” YouTube untuk Saingi TikTok?

“Microsoft memiliki komitmen jangka panjang pada pertumbuhan Indonesia. Pengumuman hari ini merupakan investasi yang paling signifikan dalam kurun 26 tahun kehadiran kami di sini,” kata Jean-Philippe Courtois, EVP and President Microsoft Global Sales, Marketing and Operations.


Selama 26 tahun, Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, menambahkan, Microsoft telah memberdayakan industri dan mempersiapkan orang di seluruh negeri dengan keterampilan siap pakai.

Baca Juga: Lucu dan Unik! Purrch, Media Sosial untuk Hewan Peliharaan

“Kami menyambut baik komitmen Microsoft dalam meningkatkan kapasitas talenta digital Indonesia di semua tingkat keahlian,” ungkap Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika RI. •

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID • Foto: Microsoft

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here