Connect with us

TechnoBusiness News

John Deere Akuisisi Bear Flag Robotics Senilai US$250 Juta

John Deere mengakuisisi Bear Flag Robotics asal Silicon Valley untuk mempercepat otomasi di industri pertanian.

Published

on

John Deere mengakuisisi Bear Flag Robotics asal Silicon Valley untuk mempercepat otomasi di industri pertanian.

California, TechnoBusiness US John Deere, merek dari Deere & Company (NYSE: DE), produsen mesin-mesin pertanian yang berbasis di Moline, Illinois, Amerika Serikat, mengakuisisi Bear Flag Robotics.

Baca Juga: Shopee Indonesia Luncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Bear Flag Robotics merupakan perusahaan rintisan (startup) asal Silicon Valley yang memproduksi teknologi mengemudi otonom yang kompatibel dengan mesin pertanian pada umumnya.

Advertisement

Akuisisi John Deere, perusahaan veteran yang didirikan oleh John Deere dan Charles Deere pada 1837 itu, atas Bear Flag Robotics senilai US$250 juta akan mempercepat otomatisasi dan otonomi di bidang pertanian.

Baca Juga: Huawei akan Bangun Startup Hub di Indonesia

Kesepakatan itu menjadi strategi jangka panjang John Deere untuk menciptakan mesin pertanian yang sarat teknologi cerdas dan mendukung kebutuhan pelanggan perorangan.

“Tim Bear Flag Robotics yang terdiri dari para profesional, insinyur, dan teknolog pertanian berbakat memiliki kemampuan untuk menghadirkan solusi teknologi canggih ke pasar,” kata Jahmy Hindman, CTO John Deere.

John Deere pertama kali bekerja sama dengan Bear Flag Robotics pada 2019 sebagai bagian dari program Startup Collaborator yang dijalankan perusahaan.

Advertisement

Baca Juga: Acer Day 2021 Sajikan Kolaborasi Musik dari 6 Negara

Hasilnya, Bear Flag Robotics dapat mengembangkan teknologi cerdas untuk pertanian dan peternakan yang mampu beraktivitas sesuai kebutuhan secara otomatis dan nirawak (otonom).

Menurut co-founder dan CEO Bear Flag Robotics Igino Cafiero, itu untuk menjawab salah satu tantangan terbesar yang dihadapi petani saat ini, yaitu ketersediaan tenaga kerja terampil yang berdampak pada hasil pertanian.

Baca Juga: Metrodata Electronics Investasikan US$500.000 Danai Startup

“Misi Bear Flag Robotics adalah untuk meningkatkan produksi pangan global dan mengurangi biaya menanam pangan melalui otomatisasi mesin selaras dengan misi John Deere,” katanya.

Advertisement

Dan Leibfried, Director of Automation and Autonomy di John Deere, memperkuat penjelasan Cafiero bahwaJohn Deere dan Bear Flag Robotics saling melengkapi, baik dari segi teknologi maupun misi.

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US Editor: Purjono Agus Suhendro Foto: John Deere 

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement