Connect with us

And Others

Lima Langkah Praktis Menggerakkan Mesin Pemasaran Digital

Published

on

  • Keberhasilan mengelola bisnis saat ini tidak bisa lepas dari kepintaran seseorang dalam memanfaatkan teknologi digital.
  • Ada langkah-langkah mudah yang harus dipahami untuk mencapai kesuksesan itu.

 

Bekasi, TechnoBusiness ID ● Tidak bisa dimungkiri bahwa saat ini teknologi telah merasuk ke semua ranah kehidupan dan memengaruhi segala hal, terutama dunia bisnis. Itu sebabnya, semua pelaku bisnis, baik yang baru memulai maupun yang sudah eksis, wajib segera beradaptasi dengan teknologi digital.

 

Baca Juga: Lima Cara Menurunkan Berat Badan dengan Fitness Tracker

 

Menurut Ari Nugrahanto, pendiri Kelola Digital Inc., perusahaan pengelolaan aset digital, dalam sebuah seminar bertema “5 Human Digital Marketing Ladder to Boost Your Sales” yang diselenggarakan Komunitas Tangan di Atas (TDA) di TDA Center, Bekasi, pada Sabtu (26/8), setidaknya ada lima tangga yang harus dilalui pemilik bisnis dalam meningkatkan omzet melalui pemasaran digital.

 

Advertisement

“Jadi, dua hal itu sangat menentukan arah strategi digital apa yang harua Anda jalankan.”

 

Kelima tangga itu antara lain magnet digital, optimalisasi aset digital, membangun komunitas digital, koopetisi digital, dan melakukan tiga proses produk digital.

Ari menjelaskan bahwa langkah pertama dan kedua sangat kritikal sebelum membangun anak tangga berikutnya. “Seperti halnya menciptakan visi, misi, dan tujuan dalam bisnis Anda. Jadi, dua hal itu sangat menentukan arah strategi digital apa yang harua Anda jalankan,” ungkapnya.

Ketiga tangga berikutnya lebih bertujuan untuk membentuk dan menjaga sustainabilitas bisnis, terutama tangga keempat. Sebab, fungsi human sangat menentukan keberhasilan sebuah pemasaran dan penjualan. Tangga terakhir, lebih menitikberatkan pada ketahanan bisnis.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Facebook, Istimewa

Advertisement