Shenzhen MicroMultiCopter membantu pemerintah China mengatasi penyebaran virus corona menggunakan drone.  

Shenzhen, TechnoBusiness ● Berbagai upaya dilakukan pemerintah China untuk mengatasi penyebaran virus corona yang kian hari kian meluas.

Baca Juga: MWC 2020: Ericsson pun Mundur karena Virus Corona

Perusahaan-perusahaan swasta pun turut dikerahkan, termasuk pengembang unmanned aerial vehicle (UAV) alias drone Shenzhen MicroMultiCopter Aero Technology Co. Ltd.

Drone Shenzhen MicroMultiCopter beraksi membantu mengatasi wabah virus corona.

Shenzhen MicroMultiCopter, yang berbasis di Shenzhen, dengan cepat meluncurkan drone untuk membantu mengatasi penyebaran virus corona yang muncul pertama kali di Wuhan.

Baca Juga: LG Batalkan Kepesertaannya dalam Pameran MWC 2020

Begitu diluncurkan, Shenzhen MicroMultiCopter langsung mengerahkan 100 lebih drone berikut 200 orang tim operasional ke berbagai kota seperti Shanghai, Guangzhou, Zhaoqing, Foshan, dan lainnya.



Yang menjadi pertanyaan, bagaimana drone buatan Shenzhen MicroMultiCopter bisa berperan mengatasi wabah virus corona yang ganas dan menakutkan itu?

Chairman Shenzhen MicroMultiCopter Lu Zhihui menyebutkan ada empat fungsi drone buatannya dalam upaya membantu mengatasi wabah virus corona.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

Pertama, siaran udara (aerial broadcasting). Alih-alih berpatroli secara artifisial, drone buatan Shenzhen MicroMultiCopter mampu berpatroli mengamati kondisi di darat melalui kamera zoom 40x dalam 360 derajat.

Baca Juga: MWC 2020: LG Batal, ZTE Tetap Berlanjut Tanpa Konferensi Pers

“Kerumunan dan mereka yang tidak mengenakan masker di tempat-tempat umum akan dibubarkan oleh komandan dari jarak jauh melalui megaphone onboard,” kata Zhihui.

Pemberitahuan melalui drone buatan Shenzhen MicroMultiCopter terbukti memiliki jangkauan yang lebih luas dan cepat dibanding menggunakan pengeras suara tradisional.

Baca Juga: Awas, Virus Corona pun Serang Dunia Maya!

Kedua, penyemprotan disinfektan. Drone buatan Shenzhen MicroMultiCopter juga berfungsi sebagai penyemprot disinfektan di tempat-tempat umum, semisal stasiun, supermarket, dan lainnya.

Dibanding cara-cara konvensional, melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan drone jauh lebih aman karena petugas tak harus mendekati tempat-tempat yang sebetulnya memang harus dihindari.

Ketiga, sensor panas udara. Fungsi ini lebih canggih dari dua fungsi sebelumnya. Sebab, drone buatan Shenzhen MicroMultiCopter dibekali kamera termal berinframerah yang mampu mendeteksi suhu badan setiap orang di darat secara akurat.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

Keempat, pantau lalu lintas. Sejak 1 Februari, tim Shenzhen MicroMultiCopter telah bekerja dengan polisi lalu lintas di banyak titik jalan raya.


Baca Juga: Inilah Data Penjualan Ponsel Pintar Global 2019-2021

Kamera drone memiliki cakupan yang cukup luas sehingga dapat membantu kepolisian memantau lalu lintas dan mengatasi kemacetan jika ada.

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang kita harus mengemudi untuk berpatroli dan mengumpulkan informasi. Kita sekarang dapat menemukan semuanya menggunakan drone,” kata seorang polisi.

Baca Juga: Wow, Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,5 Miliar

Untuk diketahui, berdasarkan informasi di laman resminya, Shenzhen MicroMultiCopter Aero Technology Co. Ltd. didirikan oleh Zhihui pada 2009.

Perusahaan tersebut telah mengumpulkan pendanaan US$30 juta dalam satu putaran dari pemodal ventura asal Changzhou, Zhejiang, yaitu Plum Ventures, pada November 2017.●

—Zhang Jou, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Shenzhen MicroMultiCopter


 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here