Jin buatan bernama Akinator yang kini bisa bahasa Indonesia itu dikembangkan oleh Elokence asal Prancis. 

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Anda percaya bahwa jin itu ada? Tentu saja. Tapi, apakah Anda juga percaya jika kini ada jin buatan yang mampu membaca pikiran manusia?

Baca Juga: Shenzhen MicroMultiCopter Kerahkan 100-an Drone Atasi Corona

Mau tidak mau Anda harus percaya. Jin itu bernama Akinator, yaitu sebuah aplikasi seluler yang mampu membaca pikiran dan menebak siapa yang sedang Anda pikirkan.

Akinator dikembangkan oleh Elokence, perusahaan pengembangan dan pemasaran layanan yang memungkinkan interaksi antara manusia dan mesin berbasis di Chartres, Prancis.

Baca Juga: MWC 2020: Ericsson pun Mundur karena Virus Corona

Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2014, aplikasi Akinator telah tersedia dalam 15 bahasa. Dan, pada akhir Januari lalu, Elokence mengumumkan peluncuran bahasa yang ke-16, yaitu bahasa Indonesia.



Jadi, masyarakat Indonesia kini sudah bisa bercakap-cakap dengan jin Akinator dalam bahasa Indonesia, bukan lagi bahasa Inggris. Caranya? Unduh aplikasinya di Play Store, App Store, dan situs web terlebih dulu.

Setelah itu, cobalah Anda suruh Akinator untuk menebak karakter lokal. Manajemen Elokence dalam penjelasan tertulisnya mengatakan itu hal yang sangat mudah bagi jin tersebut.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]


“Akinator mengetahui semua selebriti, karakter sejarah nasional, dan banyak hal lainnya,” tulis Elokence tentang Akinator. “… dan itu sangat menyebalkan!”

Baca Juga: LG Batalkan Kepesertaannya dalam Pameran MWC 2020

Tapi, sesungguhnya Akinator adalah aplikasi game tanya jawab antara manusia dan mesin. Karena mesin terus bisa menjawab, maka Akinator diumpamakan sebagai jin buatan pembaca pikiran manusia.

Dalam penelusuran TechnoBusiness Research, untuk bercakap-cakap dengan jin Akinator, pengguna disuguhi dua pilihan aplikasi: gratis dan berbayar senilai Rp60.000.

Baca Juga: Wow, Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,5 Miliar

Secara global, Akinator telah dimainkan sebanyak lebih dari 7 miliar kali. Tapi, di Indonesia, Akinator versi bahasa Indonesia tampaknya masih butuh perbaikan: ada yang memuji, tak sedikit yang “mencaci maki” karena error dan lain sebagainya.●

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: Akinator

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

2 KOMENTAR

  1. aplikasi ini sudah ada sejak saya masih SMP. aplikasi yang bagus, tapi saya rasa aplikasi yang begini/dan serupa hanya sekedar untuk hiburan

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here