Connect with us

E-Commerce

Cara Baru aCommerce Menggarap Pasar Baru E-Commerce

Published

on

  • aCommerce menawarkan best practice industri e-commerce yang telah terbukti sukses di Amerika, Eropa, dan China.
  • “Motor penggeraknya, yakni pemilik merek dan perusahaan besar, juga harus mengerti ‘know how’ dari channel ini secara mendalam.”

 

HADI KUNCORO, CEO ACOMMERCE INDONESIA

JAKARTA – Indonesia memang pasar yang besar, tapi belum berarti bagi e-commerce. Mengapa demikian? Saat ini, dari 262 juta penduduk, pengguna internetnya baru sekitar 132,7 juta atau 51%. Dari jumlah itu, penetrasi e-commerce-nya masih 9% atau senilai US$5,6 miliar.

Akan tetapi, industri e-commerce akan segera berperan penting di Tanah Air. Transaksi perdagangan berbasis online itu diyakini bakal tumbuh pesat hingga mengalahkan negeri-negeri jiran seperti Singapura dan Thailand. Pada 2025, berdasarkan prediksi periset pasar eMarketer, nilainya menjadi US$46 miliar dari populasi 294 juta jiwa.

Angka itu jauh meninggalkan Singapura yang kemungkinan hanya mencatatkan transaksi e-commerce senilai US$5,4 miliar dan Thailand US$11,1 miliar. Walau secara per kapita transaksi e-commerce Singapura lebih besar, yakni US$789, karena hanya memiliki penduduk sebanyak 6,8 juta jiwa; sementara Thailand US$155 dengan 72 juta jiwa.

Karena masih dalam masa awal pertumbuhan—yang sekarang didominasi oleh website, mobile apps, dan marketplace, para pebisnis membutuhkan edukasi sekaligus “jembatan penghubung” dari sistem offline ke online. “Masa pertumbuhan” itulah yang kemudian ditangkap oleh aCommerce, perusahaan jasa layanan penuh (full service) bagi e-commerce di Indonesia, Thailand, dan Filipina, untuk meluncurkan platform untuk semua (Business to All/B2All).

Dalam seminar bertajuk “Brand Commerce: Integrating Brand’s Multichannel Presence” di Hotel Intercontinental, Mid Plaza, Jakarta, Kamis (2/3), CEO aCommerce Indonesia Hadi Kuncoro mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat bagi merek untuk mengoptimalkan dan mengintegrasikan kemampuannya untuk mendapatkan ceruk pasar, baik offline maupun online, di Asia Tenggara.

 

Advertisement

Baca Juga: Setelah 11.11, Kini aCommerce Fokus Harbolnas

 

Oleh sebab itu, kata dia, aCommerce membagikan best practice-nya. Best practice itu penting, terutama di Indonesia, pasar e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Apalagi, “Dengan kontribusi e-commerce yang belum sampai 1% dari total penjualan ritel, masih sangat besar bagi merek dan peritel tradisional untuk mendapatkan bagian dari 99% sisanya,” kata Hadi.

aCommerce menawarkan platform B2All untuk membantu merek dan peritel tradisional dalam meraih potensi pasar tersebut yang terbagi menjadi lapisan-lapisan yang berbeda. Lapisan-lapisan itu dipetakan menjadi B2Customer (B2C), B2Business (B2B), B2Employee (B2E), B2Government (B2G), B2Distributorship (B2D), dan B2Retailer (B2R). Semua itu hadir di berbagai tipe e-commerce, yakni socio commerce, chat commerce, dan media commerce.

“Saat ini, untuk ekosistem e-commerce di Indonesia, sebenarnya edukasi di level usaha kecil menengah sudah cukup besar. Namun, motor penggeraknya, yakni pemilik merek dan perusahaan besar, juga harus mengerti ‘know how’ dari channel ini secara mendalam,” ungkap Hadi.

“Know how” yang harus dikuasai merek yang dimaksud Hadi termasuk well-informed serta mengerti tantangan dan teknikalitasnya. Sebagai perusahaan layanan end-to-end e-commerce, meliputi performance marketing, channel management, platform design dan developement, content production, order fulfillment dan pergudangan, pengiriman dan logistik, serta customer service dan call center sejak Juni 2013, aCommerce memahami best practice yang telah terbukti sukses di Amerika, Eropa, dan China.

Beberapa perusahaan yang menjadi klien aCommerce sepakat dengan konsep semacam itu. Loreal Indonesia, misalnya, tetap akan menggarap secara serius pasar e-commerce meski ceruknya masih kecil. “Walaupun kontribusi online terhadap keseluruhan penjualan kami masih single digit dan belum sebanding dengan penjualan offline, LOreal memiliki belief dan ambisi untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang signifikan dari online,” ujar E-Commerce Manager LOreal Indonesia Ashley Amanna.

Advertisement

Berdasarkan pengalaman LOreal, dengan penetrasi online, mulai dari tahap pengembangan merek (brand building), bahkan produknya belum diluncurkan, merek bisa melibatkan pelanggan, mendapatkan data, memahami behaviour dan kebutuhan pelanggan.

“Untuk menghindari kanibalisme harga (price canibalism) antara online dan offline, serta online yang membutuhkan delivery cost, maka salah satu taktiknya adalah dengan mem-bundle produk,” kata CEO Alfacart Catherine Hindra. “HP Indonesia merambah dunia online tidak hanya untuk menambah channel baru, tapi juga bagian dari upaya mengedukasi pasar menuju shopping behaviour yang baru,” ujar Country Sales Manager HP Indonesia Firmansyah Is Nursal.

Akankah best practice dan platform B2All yang diusung aCommerce sesuai dengan karakteristik pasar Indonesia, raksasa baru e-commerce global yang terletak di Asia Tenggara, dan mampu mendorong merek-merek yang menjadi kliennya tumbuh pesat di berbagai channel tersebut? Hadi optimistis akan sukses karena, kata dia, ini sudah seharusnya menjadi fokus mereka.**

Intan Wulandari, TechnoBusiness Indonesia ● Foto-Foto: aCommerce

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
20 Comments

20 Comments

  1. Pasang Cctv Malang

    30/07/2020 at 3:39 PM

    Postingannya Bagus, oh iya ada info nih : MAU Pasang Cctv Malang ? Kunjungi Website Kami Yuk Klik Disini https://cctvmalang.com

  2. Sera

    26/11/2020 at 6:42 AM

    artikel yang menarik… terima kasih untuk infonya

  3. graliontorile

    05/08/2022 at 4:49 AM

    Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing some research on that. And he actually bought me lunch because I found it for him smile Thus let me rephrase that: Thanks for lunch!

  4. Thanks for another informative web site. Where else could I am getting that kind of information written in such a perfect approach? I’ve a venture that I am simply now working on, and I have been at the glance out for such info.

  5. best cryptocurrency to trade

    14/09/2022 at 2:37 PM

    I consider something really special in this website .

  6. Scrap

    16/10/2022 at 4:26 PM

    Thank you, I have recently been searching for info approximately this topic for a long time and yours is the best I’ve found out so far. But, what concerning the bottom line? Are you positive about the supply?

  7. 本美濃紙

    27/10/2022 at 9:12 PM

    I carry on listening to the rumor speak about receiving free online grant applications so I have been looking around for the finest site to get one. Could you tell me please, where could i acquire some?

  8. global leadership software

    18/11/2022 at 8:30 PM

    I consider something genuinely special in this website.

  9. toiletrolhouder xenos

    20/11/2022 at 5:09 PM

    Outstanding post, I conceive website owners should larn a lot from this site its real user pleasant.

  10. zmozeroteriloren

    24/11/2022 at 11:05 AM

    Hi there, I found your site via Google while looking for a related topic, your site came up, it looks great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

  11. F*ckin’ tremendous things here. I’m very happy to see your post. Thank you a lot and i am having a look ahead to touch you. Will you please drop me a e-mail?

  12. Hi, Neat post. There is a problem with your site in internet explorer, would test this… IE still is the market leader and a good portion of people will miss your wonderful writing due to this problem.

  13. I love the efforts you have put in this, appreciate it for all the great articles.

  14. I’d have to examine with you here. Which is not one thing I usually do! I take pleasure in reading a post that may make folks think. Additionally, thanks for permitting me to comment!

  15. ビッグファーム

    26/12/2022 at 10:12 AM

    Thanks for all your efforts that you have put in this. very interesting info .

  16. chelmsford wedding photography

    27/12/2022 at 8:47 PM

    I as well believe therefore, perfectly written post! .

  17. I was just seeking this info for some time. After 6 hours of continuous Googleing, finally I got it in your site. I wonder what’s the lack of Google strategy that don’t rank this type of informative websites in top of the list. Generally the top web sites are full of garbage.

  18. Hello very cool site!! Guy .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your web site and take the feeds additionally…I’m glad to seek out numerous useful info right here in the post, we’d like develop more techniques in this regard, thanks for sharing.

  19. I like this website very much so much good info .

  20. Private Math Tutor Online

    01/02/2023 at 2:35 AM

    I got what you mean ,saved to favorites, very decent web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *