Published
8 years agoon
JAKARTA – Dunia maya telah memangkas banyak hal yang menjadi kelaziman pada dunia nyata. Bahkan, kini dunia nyata justru berbalik tergantung pada dunia maya yang terkoneksi satu sama lain tanpa mengenal jarak dan waktu.
Beralihnya kultur masyarakat dunia itu secara otomatis mendorong para pebisnis mengubah orientasi bisnisnya menjadi lebih ramah digital, sekalipun itu skala lokal. Sudah banyak pebisnis yang tiba-tiba melejit berkat kepiawaiannya memanfaatkan koneksi digital.
Dalam Seminar “Digital Photography and Marketing”, pendiri dan CEO Kelola Digital Inc. Ari Nugrahanto menyatakan sudah banyak contoh bisnis yang diawali dari garasi bisa meraih permintaan tertinggi dari pasar global. “Dan, bisnis-bisnis lokal di Indonesia mempunyai peluang besar untuk sukses melalui ranah digital,” katanya di Jakarta, Sabtu (17/6).
Sukses di bisnis digital harus menjadi visi perusahaan dalam memasarkan produk dan mereknya. Menurut Ari, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melatih tim di bisnis masing-masing tentang ilmu dasar digital, salah satunya konten dan pengelolaan aset digital seperti website, media sosial, dan aplikasi mobile.
Kedua, pengetahuan dasar mengenai digital marketing, yaitu bagaimana mendongkrak tingkat engagement dan pencarian di search engine. Di hadapan peserta dari Perhimpunan Walaraba dan Lisensi Indonesia, Komunitas Tangan di Atas, dan Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia, Ari pun memberi kiat-kiat praktis bagaimana sebuah bisnis menduduki peringkat 10 besar di situs pencari tanpa harus selalu menerapkan search engine optimization. ●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Kelola Digital
“Raja Jodoh” dari India Incar Indonesia
Inilah yang Didapat Go-Jek dari Astra Selain Dana Rp2 Triliun
Empat Langkah Pemasaran Digital yang Efektif 2018
Strategi Pemasaran Digital melalui Pendekatan Hubungan Manusia
Lima Langkah Praktis Menggerakkan Mesin Pemasaran Digital
Konsumen di Ranah Digital Global 2017 Mencapai 1,66 Miliar Orang
Cara Mudah Raih Reward dari Restoran Ala Paprika
Hindari Menganggur, Generasi Milenial Perlu Bukapintu
Perluas Pasar, Hooq Berkolaborasi dengan IndiHome dan WiFi.id