TechnoBusiness News
Shopee Indonesia Luncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor
Shopee Indonesia meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung, Jawa Barat.
Shopee Indonesia meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung, Jawa Barat.
Published
3 years agoon
Shopee Indonesia meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung, Jawa Barat.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Shopee Indonesia, e-commerce terkemuka di Indonesia asal Singapura, pada Kamis (5/8) meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung, Jawa Barat.
Baca Juga: Jumlah Member Afiliasi Jakmall Capai 10.000 Orang
Peluncuran Kampus UMKM Shopee Ekspor yang terletak di gedung tiga lantai di kawasan Pasirluyu itu bertujuan untuk membawa usaha mikro, kecil, dan menengah di Jawa Barat untuk naik kelas menjadi pengekspor.
Dalam meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor itu, Shopee Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat—yang menargetkan 10.000 UMKM dapat melakukan ekspor bersama Shopee pada 2022.
Baca Juga: Platform Karaoke Popsical Ekspansi ke Vietnam
Selain itu, Shopee Indonesia dan Pemerintah Jawa Barat juga berkolaborasi untuk mengembangkan Program Kurikulum Vokasi Shopee bagi lebih dari 200 Sekolah Menengah Kejuruan melalui 400 guru dan 2.200 siswa.
Kurikulum Vokasi Shopee memberikan pengajaran dan pelatihan langsung mengenai pengembangan bisnis digital. Lalu, memberi kesempatan kepada lulusannya untuk mengikuti program magang di Shopee.
“Sebagai bagian dari realisasi Kurikulum 4.0 untuk pemberdayaan dan pengembangan kualitas SDM, siswa SMK di Jawa Barat akan mendapatkan kurikulum Shopee, yakni kurikulum kewirausahaan digital,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Baca Juga: Huawei akan Bangun Startup Hub di Indonesia
Itu merupakan lanjutan dari komitmen Shopee Indonesia dalam mendukung pertumbuhan UMKM Jawa Barat melalui UMKM Jabar Go Digital dan penyaluran komputer ke pedesaan via Shopee Center.
“Hari ini, kami meresmikan markas besar Shopee Center di Jawa Barat, yaitu Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung,” kata Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, pada Kamis (5/8).
Sejauh ini, Shopee Indonesia mencatat adanya peningkatan transaksi harian hingga enam kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020-Januari 2021) di Program Shopee Ekspor.
Baca Juga: Acer Day 2021 Sajikan Kolaborasi Musik dari 6 Negara
Pada Februari, Program Ekspor Shopee telah mengekspor 1,5 juta produk pedagang lokal ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sebulan kemudian merambah ke Thailand, Vietnam, dan Brazil.
Christin menambahkan bahwa kolaborasi dengan Pemerintah Jawa Barat menjadi salah satu kontribusi Shopee Indonesia dalam mencetak 500.000 eksportir baru hingga 2030.
Jeffrey Bahar, Group Deputy CEO Spire Research and Consulting, menilai langkah Shopee Indonesia itu sangat baik, yakni bukan hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar, melainkan juga pemain ekspor.
Baca Juga: Metrodata Electronics Investasikan US$500.000 Danai Startup
“Harus diakui bahwa gerakan pelaku e-commerce untuk membantu UMKM Indonesia go global terjadi setelah ada dorongan dari sejumlah pihak agar tidak sekadar menjadikan Indonesia sebagai pasar semata,” katanya.
Gerakan itu akan menjadi sangat bagus kalau semua pelaku e-commerce melakukannya. Shopee yang memahami pasar Asia Tenggara, kata Jeffrey, amat mungkin membalikkan Indonesia dari importir menjadi eksportir.●
—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: Shopee Indonesia
Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat.
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.