Published
7 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Dalam Media Coffee kelima bertema “Manajemen Isu dan Krisis di Tengah Era Baru Media” yang digelar PR Newswire di Jakarta pada 1 November lalu, terungkap bahwa manajemen krisis itu sangat penting bagi setiap perusahaan.
Dalam diskusi yang melibatkan empat pembicara, antara lain Adiatma Sardjito, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero); Eva Chairunisa, Vice President Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia; Vishnu Mahmud, Director of Business Development Ogilvy; dan Ali Al-Azhari, Managing Editor The Jakarta Globe, menyajikan beberapa contoh.
Strategi Manajemen Krisis Hadapi Insiden di KRL
Media sosial memudahkan informasi tersebar sangat cepat. “Video di kereta rel listrik (KRL) misalnya, sekejap viral berkat kecepatan akses media sosial. Karenanya, penting untuk paham proses isu terjadi hingga menjadi besar,” ujar Eva Chairunisa, mantan jurnalis televisi yang bergabung dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sejak 2012.
Belajar dari Krisis BBM: 24 Jam yang Krusial
Keterbatasan bahan bakar minyak (BBM) merupakan krisis yang rentan menimpa perusahaan energi, termasuk PT Pertamina, Tbk. Padahal, menurut Adiatma Sardjito, krisis ini bisa diperkirakan. Menjawab tantangan di era digital untuk menyelesaikan krisis dengan sangat cepat, Adiatma berbagi kiatnya:
Pentingnya Merumuskan Manajemen Isu Sebelum Krisis Terjadi
“Praktisi humas seringkali baru panik memikirkan solusi saat krisis sudah terjadi. Seharusnya mereka sudah mengantisipasi sebelumnya,” ujar Vishnu Mahmud, Director of Business Development Ogilvy. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang kehumasan, Vishnu berbagi siasat antisipasi saat insiden datang tiba-tiba.
Tantangan Media di Tengah Merebaknya Pemberitaan Negatif
Lebih dari 12 tahun menjadi jurnalis, Ari Al-Azhari kini Managing Editor The Jakarta Globe, mengungkapkan hal yang sebaiknya menjadi perhatian humas dalam menyediakan materi berita untuk jurnalis.
—PR Newswire, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: PRNewswire, Jakartabytrain.com
Fenomena Influencer Marketing. Cari Tahu di SMW 2019!
Pahami Proses Pembuatan Iklan Video Online yang Benar
Teknologi Menjawab Empat Tren di Industri Perhotelan Tahun Ini
Manfaatkan Teknologi untuk Menjaga Keamanan Keluarga Anda
Lima Cara Mengirimkan E-mail ke Media Massa
Tangkal Berita Negatif Perusahaan dengan 10 Kiat Ini!
Lima Langkah Praktis Menggerakkan Mesin Pemasaran Digital
Lima Nasihat Berharga Entrepreneur Sukses untuk Generasi Milenial
Memahami Lima Elemen Penting “Personal Branding” di Era Digital