Spacemaker AI kini milik Autodesk.

Autodesk mengakuisisi perusahaan pengembang perangkat lunak desain Spacemaker AI asal Oslo, Norwegia, senilai US$240 juta.

California, TechnoBusiness US • Autodesk (Nasdaq: ADSK), perusahaan perangkat lunak multinasional yang berbasis di California, pada Selasa (17/11) lalu mengumumkan kesepakatan akuisisi atas Spacemaker AI.

Baca Juga: Gunakan Jurus Aikido, Omzet Hody.id Naik Lima Kali Lipat

Spacemaker AI merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak desain arsitektur berbasis cloud dan artificial intelligence yang berasal dari Oslo, Norwegia.

Autodesk mengakuisisi Spacemaker AI itu senilai US$240 juta secara tunai dan dijadwalkan akan selesai pada kuartal keempat tahun fiskal 2021 yang berakhir pada 31 Januari 2021.

CEO dan Presiden Autodesk Andrew Anagnost mengatakan bahwa dengan mengakuisisi Spacemaker AI, Autodesk akan memperoleh kekuatan dalam mendorong otomatisasi platform.

Baca Juga: Normal Baru, Peluang Baru, Persaingan Baru


Menggunakan Spacemaker AI yang berteknologi AI akan mempercepat proses, bahkan sekaligus mempertimbangkan arah angin, pencahayaan, lalu lintas, dan lain sebagainya.

“Saya sangat senang melihat Spacemaker AI bergabung dengan Autodesk.”

“Ini mengarah pada hasil yang lebih baik dari awal dan memungkinkan desainer untuk fokus pada bagian kreatif dari pekerjaan profesional mereka,” kata Anagnost.

Ia menambahkan, Spacemaker AI merupakan pelajaran tentang kekuatan wawasan dan otomatisasi yang memberi kemampuan desainer untuk membuat desain perkotaan dalam hitungan menit.

Dengan 2 miliar lebih orang yang menyebut planet ini sebagai rumahnya pada 2050, kecepatan desain perkotaan menjadi prioritas. Teknologi menjadi kunci untuk mewujudkan kota yang berkelanjutan.


Baca Juga: Kampanye Harjoynas 11.11 JD.ID Dongkrak Penjualan 1.300%

“Akuisisi Spacemaker AI menunjukkan komitmen kami terhadap kemajuan arsitek dan desainer dalam mengubah dunia menjadi lebih baik,” kata SVP for AEC Design Solutions Autodesk Amy Bunszel.

Sebagai investor awal dan pengguna, kata CEO Obos Forsikring Daniel Kjorberg Siraj, “Saya sangat senang melihat Spacemaker AI bergabung dengan Autodesk.”

Sejak didirikan di Oslo pada 2016, Spacemaker AI telah memperoleh dua kali pendanaan. Pendanaan pertama berupa seed funding yang diperoleh pada April 2018.

Baca Juga: Alodokter Raih Pendanaan Tambahan Seri C dari MDI Ventures

Lalu, pendanaan kedua, menurut catatan Crunchbase, didapat Spacemaker AI dari enam pemodal ventura yang dipimpin Atomico dan Northzone, keduanya dari Inggris, senilai US$25 juta pada Juni 2019.•

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US • Foto: Spacemaker AI

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here