Grup Modalku menyalurkan pinjaman kepada UMKM se-Asia Tenggara senilai Rp 24,6 triliun.

Grup Modalku telah berhasil menyalurkan pinjaman kepada UMKM se-Asia Tenggara senilai Rp24,6 triliun.

Jakarta, TechnoBusiness ID Grup Modalku, perusahaan fintech di Asia Tenggara yang berpusat di Jakarta, hari ini mengumumkan telah menyalurkan pinjaman hingga Rp24,6 triliun kepada lebih dari 4,6 juta UMKM di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Baca Juga: Gredu Raih Pendanaan Seri A US$4 Juta dari Intudo Ventures

Selama semester 1/2021 saja, Grup Modalku berhasil menyalurkan pinjaman sebesar Rp4,2 triliun. Itu berarti dana yang disalurkan selama semester tersebut 60% lebih besar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut co-founder dan COO Modalku Iwan Kurniawan, UMKM yang banyak didanai berasal dari sektor perdagangan, baik grosir maupun eceran, termasuk pelaku usaha online, dengan persentase sebesar 65%. Lalu, sektor jasa sebesar 17% dan sektor kesehatan sebanyak 15%.

Baca Juga: Xendit Hadirkan Pembayaran Digital bagi Pelanggan XL Axiata

Dana yang disalurkan Grup Modalku berasal dari berbagai sumber, termasuk dari sekitar 200.000 pendana, baik perorangan maupun perusahaan. Para pendana itu bisa mendapatkan tingkat bunga hingga 17% per tahun, tergantung toleransi risiko masing-masing pendana.





Pada semester pertama tersebut, pendana Grup Modalku didominasi oleh generasi Z dan milenial yang mencapai 60% dengan peningkatan jumlah pendana baru rata-rata sebanyak 1.000 akun per bulan.

“Tahun ini merupakan tahun yang diharapkan menjadi peluang untuk kebangkitan ekonomi di Indonesia serta perkembangan Modalku,” kata Iwan menjelaskan.

Baca Juga: Choco Up Investasi US$8 Juta di Perusahaan Logistik Janio

Modalku merupakan fintech P2P lending yang didirikan oleh Iwan Kurniawan, Kelvin Teo, dan Reynold Wijaya, pada 2016 yang sekarang sudah merambah ke pasar regional Asia Tenggara.


Sejak itu, Modalku telah mengumpulkan pendanaan dan debt financing senilai US$1,2 juta, di antaranya dari Alpha JWC Ventures dan Triodos Investment Management, Belanda.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID Foto: Modalku


Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here