Platform Blibli for Business menggunakan solusi SAP Commerce Cloud.

Blibli menggunakan solusi SAP Commerce Cloud untuk mengembangkan platform Blibli for Business.

Jakarta, TechnoBusiness ID Blibli, salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia, memperluas layanan business-to-business (B2B)-nya dengan meluncurkan Blibli for Business.

Baca Juga: Kinerja ICS Compute Tumbuh Cepat Berkat AWS

Dalam pengumuman perusahaan yang disampaikan pada Jumat (10/9) dijelaskan bahwa Blibli for Business merupakan platform pengadaan barang secara online atau e-procurement.

CEO dan co-founder Blibli Kusumo Martanto mengatakan pandemi telah membuat perusahaan lintas industri kian sadar akan pentingnya integrasi teknologi digital untuk menjaga kelancaran pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga: ICS Compute, One Stop Solution Layanan Cloud

“Kami merancang platform Blibli for Business sebagai one-stop solution berbasis teknologi inovatif yang membuat proses pengadaan barang dan jasa semakin mudah, efisien, dan transparan,” ungkapnya.




Blibli for Business diperkuat oleh ekosistem e-commerce Blibli yang telah ada, termasuk jaringan warehouse yang memperlancar pergerakan barang ke seluruh Indonesia.

Dalam mengembangkan Blibli for Business, Blibli memilih menggunakan solusi SAP Commerce Cloud keluaran SAP (ETR: SAP), pengembang perangkat lunak aplikasi perusahaan global asal Jerman.

Baca Juga: Berca Hardayaperkasa Bantu Efisiensi Pelanggan dengan Cloud AWS

Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia, mengemukakan bahwa SAP bangga dapat membantu Blibli dalam upaya ekspansi ke pasar B2B melalui solusi SAP Commerce Cloud.

Solusi SAP Commerce Cloud menawarkan, antara lain front office yang terintegrasi dengan back office, arsitektur yang mendukung headless commerce, micro services extention.



Lalu, solusi SAP Commerce Cloud juga dilengkapi dengan disaster recovery, monitoring tools, dan autoscalling dan layanan upgrade platform tanpa tambahan biaya.

Baca Juga: AWS Indonesia: “Indonesia Pasar yang Penting bagi AWS” (4)

Jadi, SAP Commerce Cloud membantu perusahaan dalam mempermudah proses jual-beli online, baik untuk pelanggan perorangan maupun korporat, dengan pengalaman transaksi yang sama antara offline dan online.

Itu dimungkinkan karena, kata Andreas, SAP Commerce Cloud memiliki fitur Product Information Management yang lengkap. “SAP berharap dapat terus membantu Blibli untuk berinovasi sebagai sebuah intelligence enterprise dengan teknologi cloud terdepan,” lanjut Andreas.


Untuk diketahui, B2B Blibli selama ini sudah mencatatkan kinerja yang cukup baik. Sepanjang semester 1/2021, jumlah klien Blibli B2B tumbuh dua kali lipat dibanding setahun lalu.

Baca Juga: IBM: Pandemi Percepat Transformasi Digital 59% Perusahaan

Dalam periode yang sama, berdasarkan data perusahaan, jumlah vendor B2B Blibli ikut tumbuh dua kali lipat dengan volume produk yang tersedia naik tiga kali lipat.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Blibli  


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here