PhotoAiD memungkinkan seseorang melakukan pembuatan foto paspor sendiri.

Berkat kecanggihan teknologi, mulai sekarang pembuatan foto paspor bisa dilakukan secara mandiri di rumah.  

California, TechnoBusiness US • Pandemi telah membatasi siapa pun untuk keluar rumah. Kalau pun tidak ada pandemi, banyak orang sibuk dan tak memiliki waktu untuk pergi ke studio foto profesional.

Baca Juga: Mobil Volvo Sepenuhnya Bertenaga Listrik pada 2030

Padahal, di Amerika Serikat, aturan pembuatan foto paspor sedikit lebih longgar dibanding mayoritas negara lain, yakni publik diizinkan mengambil foto paspor sendiri, termasuk melalui layanan foto studio.

Sayangnya, kelonggaran pembuatan foto paspor sendiri pun ternyata tak serta-merta bebas dari masalah. Alih-alih tak harus mengantre di kantor imigrasi, foto-foto yang dihasilkan sering kali tak memenuhi syarat.

Lebih dari 93% foto yang dihasilkan melalui pembuatan foto paspor mandiri tidak memenuhi kriteria: kebanyakan bermasalah dengan pencahayaan (44%), foto kepala terpotong (37%), dan tak memiliki latar belakang yang benar-benar polos (29%).

Baca Juga: ATM Bitcoin CoinFlip Terima Transaksi Aset Kripto Dogecoin


Walau melonggarkan pembuatan foto paspor sendiri, foto biometrik itu tetap harus memenuhi lebih dari 50 persyaratan resmi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Mayoritas hasil pembuatan foto paspor mandiri tidak memenuhi kriteria.

Melihat kenyataan itu, FunFotos sp. z o.o, pengembang platform fotografi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang berpusat di Warsawa, Polandia, mengembangkan aplikasi PhotoAiD untuk menjawab persoalan itu.

PhotoAiD, yang diperuntukkan bagi orang-orang di Amerika Serikat, dapat membantu siapa pun untuk melakukan pembuatan foto paspor secara mandiri sebanyak mungkin yang mereka mau.


Baca Juga: Maucash dan Restock Kolaborasi Targetkan Danai Rp500 Miliar

Setelah itu, fitur AI yang ada di dalamnya akan memeriksa foto-foto tersebut dan memilih foto yang layak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Aplikasi kami bekerja dengan bantuan AI. Karena itu, kami dapat memastikan layanan kualitas tinggi yang dapat diskalakan dengan biaya rendah,” kata Thomas Mlodzki, CEO PhotoAiD, di Boston, Selasa (2/3).


Tidak hanya pembuatan foto paspor, PhotoAiD juga dapat menghasilkan foto untuk keperluan pembuatan surat izin mengemudi (SIM), visa, dan lainnya.

Baca Juga: Microsoft Bangun Data Center Pertama di Indonesia Tahun Ini

Visa-visa yang sudah menerima foto yang dihasilkan dari PhotoAiD, antara lain foto visa Amerika Serikat, China, Kanada, Jepang, Rusia, Malaysia, Thailand, Jerman, dan Schengen (yang berlaku di 26 negara Eropa).


Ini bukan permulaan bagi PhotoAiD, melainkan sudah berpengalaman dalam melayani pembuatan foto paspor mandiri dan mengoperasikan jaringan bilik foto biometrik di Eropa selama lebih dari tujuh tahun.


Selama Maret ini, orang-orang di Amerika dapat melakukan pembuatan foto paspor sendiri secara gratis dari rumah masing-masing. Menurut Mlodzki, itu bagian dari cara untuk mengenalkan PhotoAiD.

Baca Juga: Pengiriman HondaJet pada 2020 Tetap Terbanyak di Kelasnya

“Kami ingin membantu orang membatasi kontak yang tidak perlu selama pandemi,” ungkap Mlodzki. Namun, setelah itu monetisasi kembali diberlakukan.


Yang menarik, tidak hanya menyediakan platform yang memungkinkan pembuatan foto paspor sendiri, PhotoAiD juga melayani jasa pengiriman foto paspor yang tercetak ke rumah pengguna.

Jadi, PhotoAiD dapat menarik sedikitnya dua pendapatan dari platformnya, yaitu layanan pembuatan foto paspor mandiri dan pengiriman foto yang dihasilkan. Sama-sama menguntungkan, bukan?

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US Foto: PhotoAiD

 

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here