Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan ada empat strategi mendongkrak perdagangan Indonesia.

Setidaknya ada empat strategi mendongkrak perdagangan Indonesia yang akan ditempuh oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.  

Jakarta, TechnoBusiness ID • Banyaknya produk impor, terutama melalui e-commerce, mendapat sorotan secara khusus dari Presiden Joko Widodo. Sampai-sampai, presiden mengampanyekan benci terhadap produk impor.

Baca Juga: IPO dan Merger Startup dalam Pandangan Jungles Ventures

Karena itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bertekad untuk meningkatkan perdagangan Indonesia. Lantas, seperti apa strategi mendongkrak perdagangan Indonesia ala Menteri Lutfi tersebut?

Dalam Penutupan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan pada Jumat (5/3), Menteri Lutfi menegaskan ada empat strategi mendongkrak perdagangan Indonesia yang menjadi fokusnya.

Keempat strategi mendongkrak perdagangan Indonesia ala Menteri Lutfi itu, antara lain menjamin stabilitas harga barang pokok, menjaga pasar Indonesia, menciptakan pelaku usaha berorientasi global, dan membuka pasar baru.

Baca Juga: Perangkat Pemantauan Jarak Jauh untuk Pasien Stroke Ditemukan!


Menurut Menteri Lutfi, stabilitas harga barang pokok amat penting, apalagi menjelang hari besar keagamaan. Lalu, Indonesia merupakan pasar yang besar dan menjadi sasaran penetrasi pasar produk dari negara lain sehingga harus dijaga.

Menteri Lufti menekankan bahwa strategi mendongkrak perdagangan Indonesia mesti disusun secara matang. 

“Tujuannya untuk meningkatkan produksi dalam negeri, menyerap tenaga kerja, dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Diharapkan seluruh aspek di perdagangan dapat menjaga pasar Indonesia,” ungkapnya.

Kemudian, dalam mendorong pertumbuhan pelaku usaha, Menteri Lutfi menjelaskan bahwa Indonesia memiliki pasar penting, yaitu Indonesia Islamic Fashion dan pengembangan industri halal.

Baca Juga: Pasar Ponsel Pintar 5G Global 2020-2027 Tumbuh 122,7%


Terkait potensi itu, Kementerian Perdagangan akan menjaga dengan memperkuat tata kelola agar nilai tambahnya dapat dinikmati masyarakat Indonesia.

Strategi mendongkrak perdagangan Indonesia ala Menteri Lutfi yang terakhir adalah membuka pasar baru di pasar internasional atau pasar ekspor.

“Kita harus dapat memetik hasil yang lebih baik dengan memanfaatkan perjanjian perdagangan internasional,” ujar Menteri Lutfi.

Baca Juga: Jaringan IHG Hotels & Resorts Bermitra dengan Traveloka

Namun demikian, Menteri Lufti menekankan bahwa strategi mendongkrak perdagangan Indonesia itu mesti disusun secara matang, dieksekusi, dan dianalisis dengan baik oleh jajaran Kementerian Perdagangan.•

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID • Foto: Biro Humas Kemendag

 

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here