Kaspersky mendeteksi sedikitnya 500 pengguna aplikasi FaceApp palsu telah menemui masalah dalam dua hari terakhir.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● FaceApp, aplikasi pengubah wajah yang dikembangkan perusahaan Rusia, Wireless Lab, cukup fenomenal. Di Indonesia, foto wajah hasil editan dari aplikasi itu menghiasi laman-laman jejaring sosial Facebook, Instagram, dan lainnya akhir-akhir ini.

FaceApp, yang dapat diunduh dari iOS dan Google Play Store, mengubah foto wajah menggunakan teknologi jaringan saraf secara otomatis sehingga menghasilkan transformasi wajah yang realistis. Juga, bisa tampak lebih muda, lebih tua, atau bahkan berubah gender.

Baca Juga: Oscar Darmawan: Harga Bitcoin Bakal Kembali Naik

Namun, tahukah Anda bahwa demam FaceApp itu dimanfaatkan oleh para penjahat untuk menipu para pengguna? Berdasarkan identifikasi Kaspersky, perusahaan keamanan siber yang juga berasal dari Rusia, kini muncul banyak aplikasi pengubah wajah palsu.

Menurut peneliti keamanan di Kaspersky, Igor Golovin, aplikasi itu tersebut dirancang untuk menipu para pengguna agar dikira versi bersertifikat dari FaceApp. Jika digunakan, aplikasi tersebut “akan terus menginfeksi korban dengan modul adware yang disebut MobiDash.”

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here