Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati saat mengumumkan kolaborasi aplikasi Blu dengan Blibli, Kamis (22/7).

BCA Digital mengintegrasikan aplikasi Blu miliknya dengan platform e-commerce Blibli.

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Bank Digital BCA (BCA Digital), bank digital milik PT Bank Central Asia Tbk. (IDX: BBCA), bergerak agresif setelah meluncurkan aplikasi Blu pada 2 Juli lalu.

Baca Juga: Kinerja Blibli Tercatat 20 Kali Lipat dalam 5 Tahun

BCA Digital, yang semula bernama Bank Royal, langsung mengintegrasikan aplikasi Blu tersebut dengan platform e-commerce Blibli untuk sama-sama menghadirkan nilai tambah bagi pelanggan.

Lebih dari itu, upaya tersebut juga menjadi bagian dari langkah BCA Digital dan Blibli dalam rangka turut mempercepat transformasi ekonomi digital melalui adopsi layanan perbankan digital di Tanah Air.

Baca Juga: Pengguna API BCA Capai 2.500 dan 1 Miliar Hit Transaksi

Apalagi, fitur-fitur aplikasi Blu seperti BluSaving dan BluGether yang mempermudah proses belanja online dan pemenuhan gaya hidup mendapat respons cukup besar dari nasabah BCA Digital.



Sejak aplikasi Blu diluncurkan, berdasarkan data perusahaan, setidaknya 26,2% dari lima besar dana tabungan BluSaving naabah BCA Digital dialokasikan untuk belanja; 20,9% untuk berlibur.

Lalu, 18,5% dialokasikan sebagai dana pensiun; 17,5% untuk pembelian rumah; dan 17% untuk pembelian kado. Sementara penggunaan fitur patungan BluGether terpopuler untuk patungan liburan bersama (35,4%).

Baca Juga: eBay Jual Sebagian Saham Adevinta ke Permira US$2,25 Miliar

“Kami percaya bahwa inovasi bank digital tak berhenti pada kebutuhan finansial,” kata Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati. “Kami ingin turut andil dalam menghadirkan kemudahan digital yang sesungguhnya.”

Maka dari itu, untuk memperluas skala ekosistemnya, BCA Digital berkolaborasi dengan Blibli. (Kebetulan BCA dan Blibli sama-sama dimiliki oleh produsen rokok Grup Djarum).  

Kolaborasi tersebut memungkinkan pelanggan Blibli dapat mengakses aplikasi Blu kapan saja, selain memperoleh berbagai keuntungan seperti bebas ongkos kirim dan lain sebagainya.

Baca Juga: Alibaba Atasi Heatstroke di Olimpiade Tokyo dengan Cloud

Nasabah BCA Digital juga dapat memanfaatkan fitur patungan BluGether untuk membeli produk-produk di Blibli secara patungan bersama teman-teman atau para kerabat.

Menurut Kusumo Martanto, CEO dan co-founder Blibli, Blibli menawarkan promo kepada pengguna aplikasi Blu yang berbelanja di Blibli selama periode promosi hingga akhir Juli.


Memang saat ini merupakan era yang mengharuskan para pelaku bisnis berkolaborasi untuk secara bersama-sama membangun ekosistem digital yang kuat.

Baca Juga: Fight Esports dari Forest Interactive Gandeng TikTok

“Saat ini, bukan zamannya lagi berkompetisi, melainkan harus berkolaborasi,” kata Jeffrey Bahar, Group Deputy CEO Spire Research and Consulting, kepada TechnoBusiness ID di Jakarta, Jumat (23/7).

Kolaborasi akan mempercepat perluasan ekosistem digital yang sedang berkembang di Indonesia akhir-akhir ini. Kolaborasi akan semakin mudah jika dimulai dari satu grup perusahaan terlebih dahulu.

Karena BCA dan Blibli sama-sama dimiliki oleh Djarum, Jeffrey melanjutkan, kolaborasinya bisa lebih mudah dengan proses yang jauh lebih cepat. Selanjutnya bisa berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan lain.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: BCA Digital   

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here