Connect with us

TechnoBusiness News

Dijegal Amerika, Pendapatan Huawei Tetap Tumbuh

Published

on

Huawei membukukan pendapatan sebesar CNY401,3 miliar pada semester 1/2019, naik 23,2% dibanding setahun lalu.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Meski diguncang “badai” perang dagang dengan Amerika Serikat, Huawei Technologies Co. Ltd. tetap mencatatkan pendapatan positif. Pada semester 1/2019, perusahaan yang berbasis di Shenzhen, China, itu membukukan pendapatan senilai CNY401,3 miliar.

Baca Juga: Mengintip Arah Baru Huawei dan Honor

Angka itu meningkat 23,2% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pendapatan bersihnya naik 8,7%. Pendapatan yang tetap kuat itu ditopang oleh bisnis-bisnis yang tumbuh baik.

Advertisement

Bisnis operator Huawei, misalnya, menyumbang pendapatan sebesar CNY146,5 miliar. Pendapatan penjualan dari bisnis perusahaan mencapai CNY31,6 miliar.

[nextpage title=”Kata Chairman Huawei”]

Huawei pun terus meningkatkan portofolio teknologi informasi dan komunikasi Huawei di berbagai domain, termasuk cloud, kecerdasan buatan, jaringan kampus, pusat data, Internet of Things, dan komputasi cerdas.

Baca Juga: Nilai Penjualan Produk Palsu US1,82 Triliun

Semua domain itu, kata Chairman Huawei Technologies Liang Hua, tetap menjadi pemasok andal bagi pelanggan pemerintahan dan utilitas di sektor komersial, seperti keuangan, transportasi, energi, dan mobil.

Advertisement

Dalam bisnis konsumen Huawei, pendapatan penjualannya menembus CNY220,8 miliar. Pengiriman ponsel pintar Huawei, termasuk Honor, tercatat sebanyak 118 juta unit, naik 24% dibanding setahun lalu.

[nextpage title=”Meningkatkan Ekosistem Layanan”]

Pengiriman tablet, personal computer, dan produk wearables-nya pun tumbuh pesat. Saat ini, Huawei memiliki lebih dari 800.000 pengembang terdaftar dan 500 juta pengguna di seluruh dunia dalam ekosistem layanan selulernya.

“Pendapatan kami tumbuh cepat hingga Mei,” kata Liang. “Hal ini bukan untuk menunjukkan kami tidak mengalami kesulitan. Kami punya kesulitan dan kemungkinan besar hal ini dapat memengaruhi pertumbuhan kami dalam waktu dekat.”

Baca Juga: Rahasia Huawei Pertahankan Pasar Ponsel Global

Advertisement

Tapi, lanjut Liang, “Kami akan terus maju. Kami sepenuhnya yakin dengan apa yang akan terjadi pada masa depan, dan kami yakin akan terus berinvestasi sesuai yang kami rencanakan.”

Keyakinan itu termasuk tantangan untuk meraih pendapatan senilai CNY120 miliar dari penelitian dan pengembangan tahun ini. “Kami akan melalui tantangan ini dan kami yakin Huawei akan memasuki tahap pertumbuhan yang baru setelah tantangan ini terlewati,” lanjut Liang.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Huawei

 

Advertisement