TechnoBusiness Tips
5 Tips Menjadi Viral di Era Digital, Penting Dipahami Saat Ini
Inilah lima tips agar menjadi viral di era digital menurut HubSpot.
Published
2 years agoon
Singapura, TechnoBusiness Tips SG ● Alih-alih menghindari, bagi sebagian kalangan menjadi viral di era digital kini merupakan sebuah tujuan. Tentu saja, menjadi viral dalam hal positif seperti karya lagu baru, produk baru, dan lain sebagainya yang disukai banyak orang.
Namun demikian, hal apa saja yang membuat sesuatu menjadi viral di era digital sampai kini masih misteri. Viralitas (virality) masih lebih dari sekadar seni ketimbang sains atau ilmu pengetahuan.
Baca Juga: 5 Tips Terapkan Digital Sehat yang Penting bagi Anda
Meski tidak ada formula yang terbukti benar, berikut ini tips menjadi viral di era digital ala Tristen Taylor dari Hubspot:
1. Ceritakan sebuah kisah
Sejak awal manusia telah diprogram untuk mengonsumsi cerita. Cerita memengaruhi pemikiran dan memberikan pengalaman inderawi. Karena itu, orang lebih tertarik melihat konten dalam format cerita daripada lainnya.
Separuh dari video viral di era digital mengandung unsur kejutan.
2. Jadilah ironi
Ironi menjadi salah satu faktor paling umum di antara video viral pada 90% video yang disurvei. Itu menjadikannya prioritas tinggi saat menyusun pesan viral Anda.
Sebagai contoh, pada 2011 Marvel pernah menerbitkan video yang sangat ironis untuk perilisan film Thor. Disebut Little Thor, video tersebut merupakan parodi dari iklan Volkswagen Super Bowl yang menggemaskan.
3. Kejutkan penonton
Separuh dari video viral di era digital mengandung unsur kejutan. Mengapa kejutan itu penting? Di dunia periklanan, terdapat ribuan iklan yang beredar setiap hari—dan amat membosankan. Kejutan diperlukan untuk “menyusup ke permukaan” dari konten-konten yang monoton.
Baca Juga: Prediksi Teratas Tentang Dunia Startup Global 2023
4. Ajak berbagi
Agar viral di era digital, ajak sebanyak mungkin pengguna media sosial untuk membagikan karya Anda secara sukarela. Keikutsertaan banyak orang akan membantu viralitas video Anda.
5. Pikirkan kepraktisan
Dua kesamaan yang kita semua miliki adalah sama-sama memiliki masalah dan sama-sama mencari solusi untuk memperbaikinya. Untuk diketahui, orang-orang selalu mencari konten informasi, mungkin juga terkait spesialisasi Anda. Sajikan informasi itu dan pikirkan kepraktisan.●
—Michael T. Kheilton, TechnoBusiness Tips SG ● Foto: Pixabay
You may like
-
Inilah Daftar Pemenang Smarties Indonesia Awards 2024
-
MMA Impact Indonesia 2024 Soroti Dampak Mendalam Digitalisasi
-
Laba Bersih BCA Digital pada Kuartal 3/2024 Tumbuh 532,7%
-
Synnex Metrodata Indonesia Jadi Distributor Devo Technology
-
BPA Broker Hadirkan Solusi Telekonsultasi Kesehatan dr. Barron
-
IBM AI in Action Report Identifies Key Characteristics of Businesses
-
Pengiriman Tablet Jelang Musim Liburan Secara Global Naik 11%
-
Donald Trump Menang, Harga Bitcoin Cetak Rekor Rp1,2 Miliar
-
Awas, Penjahat Siber Sebarkan Captcha Palsu yang Berbahaya!