Berikut ini cara mudah menggunakan eSIM Smartfren di iPhone 11 yang baru dirilis ke pasar Tanah Air.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Anda ingin memiliki iPhone tapi bimbang karena harus menggunakan dua nomor kartu seluler? Tenang, kini ada eSIM Smartfren.

Baca Juga: Pasar eSIM Global Diperkirakan Bernilai US$700 Juta

eSIM Smartfren menjadi jawaban atas keinginan Anda itu: memiliki iPhone 11 yang baru dirilis dan dua nomor ponsel sekaligus.

Keinginan itu wajar karena selama ini iPhone hanya mendukung satu nomor kartu seluler, berbeda dengan perangkat bersistem operasi Android.

Nah, dengan eSIM Smartfren—operator di Indonesia selain Smartfren belum menggunakannya—Anda bisa memiliki dua nomor seluler dalam satu perangkat iPhone 11.

Sebab, eSIM, singkatan dari embedded SIM card, tidak membutuhkan slot selayaknya kartu SIM konvensional.


Baca Juga: Begini Strategi Smartfren Sasar Traveler

“eSIM merupakan teknologi terbaru dalam dunia telekomunikasi seluler yang memungkinkan kepraktisan,” kata Deputy CEO PT Smartfren Telecom Tbk. Djoko Tata Ibrahim di Jakarta, Senin (9/12).

Djoko menjelaskan bahwa eSIM Smartfren praktis dalam menggunakannya dan praktis secara fungsi karena bisa dipakai untuk membagi urusan pribadi ataupun bisnis.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

Seorang entrepreneur William Utomo, yang sudah mencoba menggunakan eSIM Smartfren, membenarkannya. “Memang lebih praktis dan sinyalnya pun lancar, tidak buffering,” ujarnya.

Baca Juga: Strategi Smartfren Ikat Konsumen Lewat Modem

eSIM Smartfren

Lalu, bagaimana cara menggunakan eSIM Smartfren? Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren, menjelaskan cara menggunakan eSIM Smartfren seperti berikut ini:

Pertama, koneksikan iPhone Anda yang sudah mendukung eSIM ke internet. Kedua, buka Pengaturan (Setting), pilih Seluler (Cellular), lalu Tambahkan Seluler (Add Cellular).

Ketiga, muncul permintaan untuk memidai (scan) QR code yang ada di kartu perdana eSIM Smartfren. Keempat, tunggu beberapa saat.

Kelima, ketika proses berhasil, akan muncul keterangan “A Cellular Plan from Smartfren is ready to be added to iPhone”.

Baca Juga: Ketika Smartfren Tak Mau Ketinggalan Milenial

Keenam, tekan tombol Add Cellular Plan di bagian bawah, dan tunggu beberapa saat untuk proses aktivasi perangkat ke jaringan Smartfren.

Ketujuh, jika telah aktif, sinyal Smartfren akan terlihat di pojok kiri atas. Kedelapan, registrasikan kartu eSIM Smartfren Anda ke 4444.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

Kesembilan, apabila semua cara menggunakan eSIM Smartfren tadi sudah dilakukan, berarti iPhone 11 Anda siap digunakan.

Baca Juga: Kini, Smartfren Hadir di 15 Negara Asia Pasifik

Djoko menuturkan, cara menggunakan eSIM Smartfren cukup mudah, terutama bagi kaum milenial yang sudah terbiasa dengan experience dalam dunia teknologi digital.

Sampai saat ini, eSIM Smartfren memang baru satu-satunya eSIM yang hadir di Indonesia. Sejak diluncurkan pada akhir Juli lalu, eSIM Smartfren belum memiliki “rival”.

Namun, peluncuran eSIM oleh operator-operator selain Smartfren, seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat, hanyalah menunggu waktu.

Baca Juga: Uji Coba 5G, Smartfren Gandeng ZTE

Di dunia, tren penggunaan eSIM juga kian meluas. Firma riset pasar ResearchAndMarkets yang berbasis di Dublin, Irlandia, menyebutkan pasar eSIM saat ini bernilai US$700 juta.

Nilai pasar itu diyakini bakal tumbuh lebih dari 90% secara CAGR selama periode 2019-2015.●

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID ● Foto: TechnoBusiness Photos

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here