Connect with us

TechnoBusiness Tips

5 Tips Terapkan Digital Sehat yang Penting bagi Anda

Inilah lima tips penerapan digital sehat yang penting bagi Anda.

Published

on

Jakarta, TechnoBusiness Tips ID Penjahat keamanan siber selalu mempunyai akal untuk melakukan aksinya. Dari tahun ke tahun, kecanggihannya selalu mengikuti kecanggihan teknologi yang ada.

Tahun ini, penjahat siber diyakini tidak akan mengendurkan tidak kejahatannya. Oleh karena itu, perusahaan keamanan siber global Kaspersky mengimbau pengguna internet untuk menerapkan digital sehat.

Baca Juga: Prediksi Teratas Tentang Dunia Startup Global 2023

Pakar keamanan siber perusahaan yang berpusat di Rusia itu menyebutkan setidaknya ada lima tips untuk menerapkan digital sehat sederhana yang memungkinkan menjadi perhatian banyak orang tahun ini.

Advertisement

1. Tahun baru kata sandi baru

Mulailah tahun baru dengan memperbarui kata sandi e-mail atau aplikasi Anda. Sekarang saatnya untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Dan, ingat aturan utamanya, jangan menggunakan kata sandi untuk banyak akun!

2. Berlangganan notifikasi tentang kebocoran data akun

Untuk mengetahui penyerangan keamanan siber terjadi atau tidak, cobalah mengantisipasinya dengan berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini.

“Privasi dan keamanan bukanlah hasil, melainkan sebuah proses.”

3. Butuh lebih banyak privasi, dapatkan VPN!

Advertisement

Solusi VPN modern memenuhi semua kebutuhan pengguna, misalnya, mudah digunakan, memberikan kecepatan lalu lintas yang tinggi, dan menjaga kerahasiaan data pribadi.

4. Transfer dokumen ke tempat yang aman

Pindai dokumen dan simpan file di komputer atau unggah di platform cloud yang dilindungi kata sandi. Tetapi, kecanggihan teknologi keamanan siber yang Anda gunakan amat menentukan tingkat keamanan data tersebut.

5. Ajarkan anak untuk menerapkan digital sehat

Gadget di genggaman anak saat ini merupakan sebuah keniscayaan. Karena itu, awasi dan ajarkan anak untuk menerapkan digital sehat. Langkah ini penting dilakukan demi terhindar dari bahaya keamanan siber, juga demi masa depan anak Anda itu sendiri.

Advertisement

Baca Juga: 3 Perusahaan Tempat Kerja Terbaik di Indonesia Saat Ini

Jadi, harus dipahami bahwa, “Privasi dan keamanan bukanlah hasil, melainkan sebuah proses,” kata Vladislav Tushkanov, Lead Data Scientist Kaspersky, dalam penjelasannya.

Ia pun memberikan perumpamaan, sama seperti Anda yang tidak bisa langsung menjadi bugar dengan hanya mengonsumsi makanan sehat dalam semalam, mengamankan akun dan jejak digital juga membutuhkan dedikasi.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness Tips ID Foto: Pixabay

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 4 Tips Hasilkan Konten Interaktif di Platform Helo Ala Irwan Kirana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *