Sebagian besar masyarakat membaca berita dari media sosial.

Empat tips sukses perusahaan B2B di masa pandemi ini amat berguna untuk membalikkan kinerja yang buruk menjadi tumbuh pesat.

California, TechnoBusiness Tips Tidak dimungkiri bahwa perusahaan B2B (business to business) amat terpengaruh oleh pandemi COVID-19.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Berbisnis Online ala Influencer Arief Muhammad

Perusahaan-perusahaan pelanggan yang tak beroperasi akibat pembasatan telah berdampak pada permintaan barang bagi perusahaan B2B.

Beralih ke pemasaran digital dan jarak jauh seperti perusahaan B2C jelas bukan perkara mudah bagi perusahaan B2B.

“Banyak perusahaan B2B gagal beradaptasi dengan perubahan ini yang menyebabkan kesepakatan hilang dan terhenti,” ungkap senior principal analyst di Gartner Sales Practice Craig Riley.

Baca Juga: 5 Tips Berbelanja Saat Liburan yang Perlu Anda Perhatikan


Agar tidak gagal, menurut Gartner, perusahaan mesti memerhatikan empat tips sukses perusahaan B2B di masa pandemi berikut ini:

  1. Strategi Masuk ke Pasar

Tips sukses perusahaan B2B di masa pandemi yang pertama yaitu perlunya mengubah strategi untuk masuk ke pasar (go-to-market strategy) menjadi keterlibatan paralel (paralel engagements) yang berkelanjutan.

Perusahaan B2B harus bisa menyelaraskan tim pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan untuk memastikan pembeli menyelesaikan pembelian mereka.

Itu bisa berarti menghilangkan perbedaan antara pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan sepenuhnya, yang kemudian dikonsolidasikan ke dalam satu tim operasi komersial.


  1. Penerapan Tenaga Penjualan

Tim layanan pelanggan harus menerapkan keterlibatan pelanggan secara terkoordinasi yang dirancang dengan mempertimbangkan preferensi saluran agnostik dan pembeli digital.

Semua informasi dan dukungan yang diberikan kepada pembeli B2B harus konsisten, lengkap, dan terhubung di semua saluran digital dan manusia.

Tips sukses perusahaan B2B kedua ini akan membantu meletakkan dasar yang kuat bagi keterlibatan pelanggan yang dinamis dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.


Tips sukses perusahaan B2B ini akan memberikan tindakan terbaik berikutnya dan memandu pelanggan menuju saluran yang kemungkinan besar memiliki hasil komersial yang positif.


  1. Eksekusi Penjualan

Tips sukses perusahaan B2B ketiga ini mengenai cara mengeksekusi penjualan. Untuk mengatasi kompleksitas perusahaan, perusahaan B2B harus fokus pada penciptaan pengalaman pelanggan yang mudah demi membangun kepercayaan mereka.

Senior Analyst Director Gartner Sales Practice Robert Blaisdell mengatakan, “Penelitian kami menunjukkan bahwa ketika pembeli B2B memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, mereka bisa 3,6 kali lebih mungkin untuk memilih penawaran kelas atas atau premium daripada solusi yang kurang ambisius.”


  1. Analisis

Tips sukses perusahaan B2B yang keempat berkaitan dengan peran penting teknologi kecerdasan buatan. Karena memainkan peran sentral di seluruh perusahaan, sangatlah penting bagi tim layanan pelanggan untuk menanamkan teknologi kecerdasan buatan di seluruh mesin komersial untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan.

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan amat penting karena membantu memberikan wawasan yang lebih tepat, memprediksi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, dan membentuk segalanya, mulai dari eksekusi penjualan hingga keterlibatan saluran dengan pendekatan digital.


“Perjalanan pembelian B2B telah berubah secara fundamental pada tahun lalu,” kata Riley. Karena itu, empat tips sukses perusahaan B2B di masa pandemi ini kemungkinan dapat menjadi jalan keluar untuk meningkatkan kinerja perusahaan.•

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness Tips • Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here