TechnoBusiness Tips
5 Tips Analisis Pasar untuk Kembangkan Usaha Ala Tokopedia
Berikut lima tips menganalisis pasar untuk mengembangkan usaha menurut Head of Product Tokopedia Helena.
Published
2 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness Tips ID ● Meski tren pembelian melalui toko online terus meningkat, itu tidak serta-merta membuat barang yang ditawarkan oleh semua UMKM pasti laris-manis.
Menurut Helena, Head of Product Tokopedia, marketplace terbesar asli Indonesia yang membantu sekitar 12 penjual, UMKM mesti pintar menganalisis pasar agar dagangannya laku di pasar online.
Baca Juga: 5 Tips Cermat Kelola Keuangan Ala Ruisa Khoiriyah
“Kemampuan menganalisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” katanya. Jika tidak, UMKM akan sulit berkembang dan kalah dalam persaingan.
Karena itu, kata dia, ada lima tips menganalisis pasar untuk mengembangkan usaha ala Tokopedia. Berikut ini tipsnya:
- Pantau Produk yang Sedang Trending di Pasar ● Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. “Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” saran Helena.
- Pelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar ● Lakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing. “Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” jelasnya.
- Pantau Performa Produk ● Pegiat usaha dapat menggunakanfitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain, sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.
- Lakukan Testing Penjualan ● Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris. “Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka,” kata Helena.
- Kumpulkan Aspirasi Pembeli ● Gunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis. “Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar,” jelas Helena.●
—Intan Wulandari, TechnoBusiness Tips ● Foto: Tokopedia
You may like
-
Pengiriman Tablet Jelang Musim Liburan Secara Global Naik 11%
-
Donald Trump Menang, Harga Bitcoin Cetak Rekor Rp1,2 Miliar
-
Awas, Penjahat Siber Sebarkan Captcha Palsu yang Berbahaya!
-
Solusi RFID Zebra Technologies Percepat Inventori Gramedia
-
Eksekutif Jobstreet Ungkap Alasan Pendirian Jobstreet Express
-
Hisense Jadi Sponsor Resmi Ajang FIFA Club World Cup 2025
-
MMA Global Gelar MMA Impact Indonesia 2024 pada 15 November
-
Chinese Retailers Invest in GenAI to Boost Performance
-
Trip.com Group Celebrates 25 Years of Unforgettable Journeys