Empat tips membangun merek global ini penting untuk diperhatikan oleh para pemasar.

New York, TechnoBusiness Tips Di era tanpa batas ini, yang didorong oleh kemajuan teknologi, merek pun semestinya tidak hanya menjadi pendengar bagi konsumen lokal tetapi juga multinasional.

Untuk itu, menggarap pasar internasional kian menjadi kebutuhan setiap merek. Sehingga pemasar mesti menyiapkan strategi yang tepat agar mereknya diterima di luar pasar lokal.

Baca Juga: 4 Merek Teknologi Paling Bernilai di Indonesia 2019

Nah, berikut ini empat tips yang harus diperhatikan jika Anda ingin membangun merek global ala Fishbat, perusahaan pemasaran digital yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

1Jadilah Sensitif secara Budaya

Jika ingin membangun merek global, Anda harus mempertimbangkan bahwa tidak setiap budaya atau negara mereplikasi merek Anda. Budaya lain mungkin berpikir atau merespons secara berbeda terhadap iklan dan produk Anda, karena beragam kebiasaan, praktik, dan ideologi.

Meluangkan waktu untuk bepergian ke berbagai negara, seperti Chief Marketing Officer Spartan Carola Jain yang telah melakukan sepanjang kariernya, memungkinkan Anda memahami berbagai nuansa budaya setempat.


2Miliki Perwakilan yang Fasih Bahasa Lokal

Jika ingin menjadikan merek Anda mendunia, bukan ide yang buruk untuk menunjuk perwakilan yang fasih bahasa lokal. Sebab, banyak kata dan frasa yang tidak diterjemahkan dengan benar ke bahasa lain.

Perwakilan yang fasih bahasa lokal itu penting untuk menyampaikan bagaimana merek Anda dipersepsikan secara global sehingga berkembang pula di pasar tersebut.

Baca Juga: 10 Perusahaan Ritel Non-Toko Terbesar di Asia Pasifik 2019

3Miliki Sesuatu yang Unik

Agar konsumen di berbagai negara dan budaya terikat pada merek Anda, ciptakan keunikan. Bukan sesuatu yang mengagetkan jika merek Anda ada yang menyamai, karena itu sesuatu yang benar-benar unik amat dibutuhkan untuk menaklukkan pasar di banyak negara.

4Bersikap Konsisten

Terus melayani konsumen secara global dengan baik harus dilakukan secara konsisten. Pastikan semua pelanggan di pasar yang dimasuki merasa dihargai.

—David T. William, TechnoBusiness/PRN Foto: Fishbat, Istimewa


 

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here