TechnoBusiness Tips
5 Tips Menjadi Viral di Era Digital, Penting Dipahami Saat Ini
Inilah lima tips agar menjadi viral di era digital menurut HubSpot.
Inilah lima tips agar menjadi viral di era digital menurut HubSpot.
Published
2 years agoon
Singapura, TechnoBusiness Tips SG ● Alih-alih menghindari, bagi sebagian kalangan menjadi viral di era digital kini merupakan sebuah tujuan. Tentu saja, menjadi viral dalam hal positif seperti karya lagu baru, produk baru, dan lain sebagainya yang disukai banyak orang.
Namun demikian, hal apa saja yang membuat sesuatu menjadi viral di era digital sampai kini masih misteri. Viralitas (virality) masih lebih dari sekadar seni ketimbang sains atau ilmu pengetahuan.
Baca Juga: 5 Tips Terapkan Digital Sehat yang Penting bagi Anda
Meski tidak ada formula yang terbukti benar, berikut ini tips menjadi viral di era digital ala Tristen Taylor dari Hubspot:
1. Ceritakan sebuah kisah
Sejak awal manusia telah diprogram untuk mengonsumsi cerita. Cerita memengaruhi pemikiran dan memberikan pengalaman inderawi. Karena itu, orang lebih tertarik melihat konten dalam format cerita daripada lainnya.
Separuh dari video viral di era digital mengandung unsur kejutan.
2. Jadilah ironi
Ironi menjadi salah satu faktor paling umum di antara video viral pada 90% video yang disurvei. Itu menjadikannya prioritas tinggi saat menyusun pesan viral Anda.
Sebagai contoh, pada 2011 Marvel pernah menerbitkan video yang sangat ironis untuk perilisan film Thor. Disebut Little Thor, video tersebut merupakan parodi dari iklan Volkswagen Super Bowl yang menggemaskan.
3. Kejutkan penonton
Separuh dari video viral di era digital mengandung unsur kejutan. Mengapa kejutan itu penting? Di dunia periklanan, terdapat ribuan iklan yang beredar setiap hari—dan amat membosankan. Kejutan diperlukan untuk “menyusup ke permukaan” dari konten-konten yang monoton.
Baca Juga: Prediksi Teratas Tentang Dunia Startup Global 2023
4. Ajak berbagi
Agar viral di era digital, ajak sebanyak mungkin pengguna media sosial untuk membagikan karya Anda secara sukarela. Keikutsertaan banyak orang akan membantu viralitas video Anda.
5. Pikirkan kepraktisan
Dua kesamaan yang kita semua miliki adalah sama-sama memiliki masalah dan sama-sama mencari solusi untuk memperbaikinya. Untuk diketahui, orang-orang selalu mencari konten informasi, mungkin juga terkait spesialisasi Anda. Sajikan informasi itu dan pikirkan kepraktisan.●
—Michael T. Kheilton, TechnoBusiness Tips SG ● Foto: Pixabay
Membaca Lanskap Keamanan Siber Asia Pasifik Tahun Depan
Hitachi Vantara and Virtana Collaborate to Enhance Hybrid Cloud
IAS Expands Into China to Provide Advertising Solutions for Advertisers
Soltius Indonesia Jalin Kemitraan dengan Bhumi Varta Technology
Jumlah Pengguna Bybit Naik Jadi 50 Juta dalam 40 Hari
Multipolar Technology Tawarkan Tiga Solusi Andal untuk Memodernisasi Teknologi Perusahaan
KPMG Investasi Hingga US$100 Juta di Google Cloud Alliance
Pullman Hotels & Resorts Reveals “The Transforming Room” Concept
Y&S Insights: Komparasi Implementasi 5G di Indonesia dan Negara-Negara Lain