Connect with us

TechnoBusiness Tips

5 Tips Menjadi Viral di Era Digital, Penting Dipahami Saat Ini

Inilah lima tips agar menjadi viral di era digital menurut HubSpot.

Published

on

Singapura, TechnoBusiness Tips SG Alih-alih menghindari, bagi sebagian kalangan menjadi viral di era digital kini merupakan sebuah tujuan. Tentu saja, menjadi viral dalam hal positif seperti karya lagu baru, produk baru, dan lain sebagainya yang disukai banyak orang.

Namun demikian, hal apa saja yang membuat sesuatu menjadi viral di era digital sampai kini masih misteri. Viralitas (virality) masih lebih dari sekadar seni ketimbang sains atau ilmu pengetahuan.

Baca Juga: 5 Tips Terapkan Digital Sehat yang Penting bagi Anda

Meski tidak ada formula yang terbukti benar, berikut ini tips menjadi viral di era digital ala Tristen Taylor dari Hubspot:

Advertisement

1. Ceritakan sebuah kisah

Sejak awal manusia telah diprogram untuk mengonsumsi cerita. Cerita memengaruhi pemikiran dan memberikan pengalaman inderawi. Karena itu, orang lebih tertarik melihat konten dalam format cerita daripada lainnya.

Separuh dari video viral di era digital mengandung unsur kejutan.

2. Jadilah ironi

Ironi menjadi salah satu faktor paling umum di antara video viral pada 90% video yang disurvei. Itu menjadikannya prioritas tinggi saat menyusun pesan viral Anda.

Sebagai contoh, pada 2011 Marvel pernah menerbitkan video yang sangat ironis untuk perilisan film Thor. Disebut Little Thor, video tersebut merupakan parodi dari iklan Volkswagen Super Bowl yang menggemaskan.

Advertisement

3. Kejutkan penonton

Separuh dari video viral di era digital mengandung unsur kejutan. Mengapa kejutan itu penting? Di dunia periklanan, terdapat ribuan iklan yang beredar setiap hari—dan amat membosankan. Kejutan diperlukan untuk “menyusup ke permukaan” dari konten-konten yang monoton.

Baca Juga: Prediksi Teratas Tentang Dunia Startup Global 2023

4. Ajak berbagi

Agar viral di era digital, ajak sebanyak mungkin pengguna media sosial untuk membagikan karya Anda secara sukarela. Keikutsertaan banyak orang akan membantu viralitas video Anda.

Advertisement

5. Pikirkan kepraktisan

Dua kesamaan yang kita semua miliki adalah sama-sama memiliki masalah dan sama-sama mencari solusi untuk memperbaikinya. Untuk diketahui, orang-orang selalu mencari konten informasi, mungkin juga terkait spesialisasi Anda. Sajikan informasi itu dan pikirkan kepraktisan.

—Michael T. Kheilton, TechnoBusiness Tips SG Foto: Pixabay

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 4 Tips Hasilkan Konten Interaktif di Platform Helo Ala Irwan Kirana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *