Connect with us

TechnoBusiness Tips

5 Tips Meraih Beasiswa Luar Negeri Menurut Schoters

Berikut lima tips meraih beasiswa luar negeri menurut CEO Schoters Radyum Ikono.

Published

on

Plaform edutech Schoters membagikan tips meraih beasiswa luar negeri.

Jakarta, TechnoBusiness Tips ID Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di luar negeri merupakan impian banyak pelajar Tanah Air. Tapi, sebagian di antara mereka terkendala biaya.

Memang banyak juga yang bisa menempuh pendidikan ke luar negeri nyaris tanpa biaya karena memperoleh beasiswa. Tentu saja, tidak semua orang beruntung mendapatkannya.

Baca Juga: Arti NFT dan Cara Pembuatannya Menurut Kakak Mark Zuckerberg

Nah, berikut ini lima tips meraih beasiswa luar negeri menurut Radyum Ikono, CEO Schoters, platform teknologi pendidikan (edutech) yang membantu akses pendidikan luar negeri:

Advertisement

1. Matangkan rencana kuliah ke luar negeri dari jauh hari

Melanjutkan pendidikan jalur beasiswa luar negeri bukanlah sesuatu yang taken for granted, melainkan perlu usaha dan persiapan yang matang.

Satu tahun adalah rentang waktu ideal untuk memulai persiapan, termasuk mempertajam minat hingga membuat short list untuk negara, beasiswa universitas dan jurusan yang akan dituju, dengan berdiskusi dan menggali berbagai sumber terpercaya.

Baca Juga: Arti NFT dan Cara Pembuatannya Menurut Kakak Mark Zuckerberg

Sebagai layanan akses beasiswa luar negeri terdepan, Schoters juga menghadirkan tutor yang merupakan alumni beasiswa bergengsi dunia untuk memberikan layanan konsultasi. Tujuannya agar pencari beasiswa bisa mendiskusikan rencana pendidikan mereka dengan pihak yang kredibel.

Advertisement

2. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Setelah mantap dengan beasiswa yang bisa mendukung impian, gali informasi mengenai beasiswa tersebut sebanyak-banyaknya. Mulai dari yang sifatnya non-formal seperti pengalaman dan tips alumni di berbagai forum digital, hingga informasi formal seperti berkas yang dibutuhkan hingga skedul penerimaan beasiswa.

Kunjungi beberapa situs resmi yang menyediakan jadwal secara lengkap seperti Kalender Beasiswa Schoters yang berisi jadwal penerimaan beasiswa luar negeri yang telah dirangkum selama satu tahun berikut dengan jurusan yang tersedia, manfaat yang didapat, hingga syarat yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Investasi Saham Ala Lo Kheng Hong

3. Buatlah dokumen pendaftaran yang meyakinkan

Salah satu tahapan penting dalam seleksi penerimaan beasiswa adalah dokumen pendukung yang akan menjadi lembar promosi diri. Beberapa diantaranya adalah esai, CV, dan surat rekomendasi untuk menggambarkan kepribadian, minat, dan rencana pendidikan.

Advertisement

Lima tips meraih beasiswa luar negeri ini penting dipahami oleh mereka yang ingin melanjutkan kuliah di mancanegara tanpa biaya.

Oleh karena itu, dedikasikan waktu yang cukup untuk membuat tulisan yang dapat mewakili versi terbaik Anda untuk meyakinkan penyeleksi. Anda bisa memanfaatkan layanan bimbingan pembuatan dokumen yang menyeluruh, seperti layanan Schoters yang melengkapi layanan pembuatan dokumennya dengan fasilitas penerjemah tersumpah.

4. Tingkatkan intensitas latihan untuk taklukkan sesi wawancara

Hampir semua beasiswa menerapkan tahapan wawancara sebagai syarat yang wajib dilalui pelamar. Untuk itu, lakukan persiapan interview sebaik mungkin, baik persiapan materi seperti potential Question and Answer hingga persiapan mental dengan berlatih sesering mungkin.

Schoters juga menghadirkan layanan persiapan interview hingga simulasi dengan kondisi yang dibuat semirip mungkin sehingga pelamar menjadi lebih siap menghadapi wawancara yang sesungguhnya.

Baca Juga: 7 Tips Menyimpan Informasi Rahasia bagi Perusahaan

Advertisement

5. Membuat target nilai tes bahasa asing hingga capai skor aman

Penguasaan bahasa asing menjadi salah satu penilaian penting dalam seleksi penerimaan beasiswa luar negeri. Biasanya, universitas maupun jurusan tertentu, memanfaatkan tes ini untuk mengukur kecakapan bahasa asing calon pelamar.

Misalnya TOEFL atau IELTS untuk universitas yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris, GMAT untuk sekolah bisnis atau manajemen, dan GRE serta SAT untuk universitas di beberapa negara termasuk Amerika Serikat.

Sebagai strategi, persering latihan dan capai skor aman yang melampaui standar. Schoters juga mempersiapkan layanan bimbingan untuk semua tes bahasa asing menggunakan kurikulum yang menyesuaikan karakter agar persiapan yang ditempuh pelamar semakin efektif.

Radyum mengatakan selama hampir tiga tahun, layanan Schoters telah menjembatani ratusan alumni hingga diterima di lebih dari 100 kampus terbaik di 38 negara, termasuk kampus-kampus terbaik dunia seperti UCL, NTU, Kyoto University, Cornell University, University of Melbourne.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness Tips ID Foto: iFrame.io

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
28 Comments

28 Comments

  1. What i don’t understood is if truth be told how you’re not really a lot more smartly-favored than you may be right now. You’re very intelligent. You already know thus considerably on the subject of this topic, made me in my opinion consider it from a lot of various angles. Its like men and women are not fascinated until it?¦s something to accomplish with Lady gaga! Your individual stuffs outstanding. All the time maintain it up!

  2. I adore gathering utile information , this post has got me even more info! .

  3. Very interesting topic, regards for posting. “Integrate what you believe into every single area of your life.” by Meryl Streep.

  4. Excellent post. I was checking constantly this weblog and I am impressed! Very useful information specifically the ultimate section 🙂 I maintain such info much. I was looking for this certain information for a long time. Thank you and good luck.

  5. ビッグファーム

    26/12/2022 at 10:19 AM

    I like what you guys are up also. Such smart work and reporting! Keep up the superb works guys I?¦ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my site 🙂

  6. With havin so much content do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation? My website has a lot of unique content I’ve either created myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any methods to help prevent content from being ripped off? I’d genuinely appreciate it.

  7. Merely wanna tell that this is invaluable, Thanks for taking your time to write this.

  8. This is very interesting, You are a very skilled blogger. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I’ve shared your website in my social networks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *