Connect with us

TechnoBusiness Tips

3 Kunci Sukses Perusahaan Perkuat Rantai Pasok di Era VUCA

Ada tiga kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memperkuat rantai pasok di Era VUCA.

Published

on

Setidaknya ada tiga kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memperkuat rantai pasok di Era VUCA.

Singapura, TechnoBusiness Tips Selain Era Transformasi, tak terbantahkan bahwa saat ini juga dikenal sebagai Era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity).

Baca Juga: Chief Sales Officer Harus Paham 8 Risiko Pasca-Pandemi Ini

Era VUCA merupakan era yang tingkat volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas amat tinggi. Pandemi yang berkepanjangan telah memperkuat era itu.

Advertisement

Bahan baku, bahan setengah jadi, dan aneka komponen yang dibutuhkan produsen barang mengalami kelangkaan. Serangan ransomware yang marak juga turut meramaikan Era VUCA.

Baca Juga: 4 Tips Sukses UMKM Lewat Pengembangan Brand

Akibatnya, rantai pasok di Era VUCA juga tersendat dan mengalami ketidakpastian. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan perusahaan? Menutup perusahaan bukanlah jawaban.

Tapi, menurut Chandramouli K. L., Senior Industry Consultant Rockwell Automation, Inc. (NYSE: ROK), ada tiga kunci sukses perusahaan untuk memperkuat rantai pasok di Era VUCA.

1. Fleksibilitas Produksi Mempercepat Respons

Advertisement

Selama pandemi, ada tiga tantangan yang dihadapi perusahaan dalam memproduksi barang, yakni tingkat permintaan pelanggan, ketersediaan material, serta kendala personalia dan keterbatasan tenaga kerja.

Pembatasan aktivitas di banyak negara juga memengaruhi tingkat permintaan minyak, kayu, baja, dan semikonduktor. Bagaimana mengatasinya?

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mendapatkan Centang Biru Akun Telegram

Menurut Chandramouli, menerapkan fleksibilitas produksi dan menjalin integrasi dengan pemasok bahan baku menjadi kunci sukses perusahaan memperkuat rantai pasok di Era VUCA saat ini.

“Model-model operasional yang kaku sebaiknya didesain ulang,” katanya. Pemasok bahan baku harus menggunakan satu sistem manufacturing operations management demi mencegah kendala yang tak terduga.

Advertisement

Produsen perlu beralih dari menggunakan komponen-komponen yang masih terpisah menjadi modul-modul yang sudah dirakit oleh kontraktor tersendiri.

Dengan kolaborasi itu, beban kerja dalam manajemen data dan waktu transaksi berkurang 30%, sedangkan proses kerja lebih cepat dan hemat biaya.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Perusahaan B2B di Masa Pandemi COVID-19

2. Pengelolaan Personalia yang Lebih Cerdas

Guna memperkuat kinerja perusahaan, penggunaan teknologi untuk mengelola sumber daya manusia secara lebih cerdas juga penting.

Advertisement

Model-model yang menentukan alokasi sumber daya manusia secara optimal untuk menjalankan peralatan dan proses kerja juga sudah banyak. Robot-robot otomatis pun sudah ada.

3. Perangkat Analisis Data Membantu Kelangkaan Material

Kelangkaan cip semikonduktor selama pandemi merupakan salah contoh nyata adanya ketidakpastian yang memengaruhi rantai pasok di Era VUCA.

Teknologi product lifecycle management menjadi solusinya. Sebab, di dalamnya terdapat fitur-fitur seperti Model Predictive Controls, Artificial Intelligence, bahkan Chaos Engineering yang penting bagi perusahaan.

Tiga kunci sukses itu, menurut Chandramouli, dapat membawa perusahaan dalam mengatasi rantai pasok di Era VUCA ini. Namun, walau bekerja di Rockwell Automation, pendapat CHandramouli itu bukan menjadi pendapat perusahaan.

Advertisement

—Michael T. Kheilton, TechnoBusiness Tips Foto: Pexels

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. gralion torile

    05/08/2022 at 5:42 AM

    This is a topic close to my heart cheers, where are your contact details though?

Leave a Reply

Your email address will not be published.