Inilah tiga kiat mengoptimalkan mobile web yang perlu perusahaan Anda ketahui.

New York, TechnoBusiness Tips ● Seperti kita ketahui, separuh lalu lintas pengunjung web berasal dari perangkat mobile. Meski menyadari hal itu, mayoritas perusahaan mengabaikan tingkat kemenarikan tampilan web versi mobile mereka.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan lewat Facebook

Sebagai contoh, tidak sedikit web perusahaan yang tidak memerhatikan versi mobile, mengandalkan navigasi melayang yang tidak kompatibel dengan layar sentuh, fungsi klik terlalu kecil untuk jari, dan desain yang tidak dibuat untuk layar yang lebih kecil.

Nah, Huemor, perusahaan pengembangan web yang berbasis di New York, membagikan tiga kiat penting untuk mengomtimalkan situs mobile web perusahaan Anda. Berikut kiatnya:

1Jangan paksa pengunjung ke aplikasi native

Banyak perusahaan yang mengandalkan aplikasi native, yaitu aplikasi yang dibuat untuk rumah aplikasi tertentu seperti Google Play Store atau App Store.

Padahal, selain berbiaya mahal, menurut Huemor, sebenarnya aplikasi native juga membatasi akses pengguna yang menyukai peramban web. Jadi, aplikasi native bisa dianggap menjengkelkan bagi sebagian pengunjung web.


 

2Perhatikan pengaturan aksesibilitas mobile web

Sadari bahwa pengunjung mobile web perusahaan Anda bermacam latar belakang. Karena itu, sudah seharusnya mobile web didesain dengan tampilan (latar, warna, dan font) yang menarik, termasuk bagi yang berpenglihatan kurang baik.

Lalu, hindari pemasangan navigasi melayang karena tidak berguna di layar sentuh perangkat seluler. Situs mobile web Anda mesti dapat dilihat dan berfungsi pada peramban seluler apa pun tanpa menggunakan kode-kode pemrograman khusus.

 

3Desain yang tak menghilangkan pesan

Pengalaman pengguna situs antara ponsel dan desktop harus sama. Itu berarti tampilan web-nya harus mengakomodasi ukuran layar yang lebih kecil: secara otomatis mengubah ukuran gambar, mengurangi waktu pemuatan, dan menggunakan arsitektur responsif untuk mengubah tata letak situs agar sesuai layar perangkat seluler.

—David T. William, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Huemor


 

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here