Mengukur dampak pemasaran perusahaan

Senior Research Director Gartner for Marketers Josep Enever menyebut ada empat cara efektif mengukur dampak pemasaran perusahaan.

London, TechnoBusiness Tips ● Tidak sedikit perusahaan yang tampak baik-baik saja dalam memasarkan produk tetapi ternyata lalai dalam mengukur dampak pemasaran yang dilakukan.

Baca Juga: 5 Cara Optimalkan Biaya Logistik Tanpa Pangkas Kualitas Layanan

Walhasil, efek dari tidak mengukur dampak pemasaran sebuah produk atau layanan, pemasaran yang dilakukan perusahaan menjadi tidak efektif dan cenderung boros anggaran.

Periset pasar Gartner dalam “Gartner CMO Spend Survey 2019-2020” yang baru saja dirilis mencontohkan, riset pasar dan wawasan kompetitif serta analitik pemasaran saat ini masing-masing menyerap lebih dari 13% dan 16%.

Baca Juga: Tips Dongkrak Penjualan lewat Instagram Stories

Namun, bukti dari data pemasaran dan survei analitik menunjukkan bahwa investasi tidak sesuai dengan output mereka. Sehingga, diketahui setelah mengukur dampak pemasaran, justru memunculkan risiko yang signifikan terhadap investasi tersebut.


Nah, untuk mengetahui strategi pemasaran itu efektif atau tidak, Senior Research Director Gartner for Marketers Josep Enever menyebut ada empat cara efektif mengukur dampak pemasaran perusahaan.

Keempat cara efektif mengukur dampak pemasaran perusahaan menurut Gartner antara lain:

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

Mengukur dampak pemasaran perusahaan
  1. Marketing Mix Modeling

Marketing Mix Modeling, yaitu metodologi top-down yang menggunakan deret waktu, data agregat (seperti penjualan historis), pengeluaran agregat media berdasarkan saluran atau geografi, acara promosi pesaing, atau harga, dan teknik ekonometrik (seperti regresi multivariat), untuk menghasilkan model.

Baca Juga: Tips agar Merek Sukses di Gelaran Pesta Diskon

Para pemimpin pemasaran harus menggunakan Marketing Mix Modeling untuk menginformasikan investasi pemasaran multikanal karena dapat menghasilkan berbagai wawasan, termasuk wawasan yang paling menonjol dan terkadang sulit dipahami seperti kenaikan penjualan dan pendapatan.

  1. Multitouch Attibution

Multitouch Attibution adalah pendekatan bottom-up yang membutuhkan data tingkat pengguna untuk mengidentifikasi kontribusi relatif titik sentuh konsumen di sepanjang jalan ke tujuan.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan lewat Facebook

Fokus secara digital, Multitouch Attibution terutama merupakan metodologi untuk analisis pemasaran online, tetapi juga dapat mencakup acara multichannel, tergantung pada data dan penyedia yang tersedia.

Ini memberi pemasar kemampuan untuk melacak jalur individu ke konversi di beberapa titik sentuh, seperti pencarian berbayar, tampilan dan video.

  1. Holdout Testing

Holdout Testing, sering disebut sebagai tes dan kontrol, adalah metode penting untuk menguji hipotesis. Ketika dilakukan dengan benar, para pemimpin pemasaran dapat menggunakan pengujian ketidaksepakatan untuk secara akurat mengukur dampak pemasaran tambahan dari investasi pemasaran di seluruh saluran dan taktik.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

  1. Unified Measurement Approaches

Unified Measurement Approaches menjawab pertanyaan yang mencakup dampak taktis dan strategis dari pemasaran. Pendekatan-pendekatan ini berusaha untuk menyelesaikan tantangan metodologi dan wawasan yang berbeda dan tidak terkait.

Baca Juga: 3 Tips Pendukung Pemasaran Maskapai Penerbangan yang Efektif

Para pemimpin pemasaran yang ingin memahami cara mengukur dampak pemasaran online dan offline harus melihat metode Unified Measurement Approaches ini.

“Pemasar yang sukses menggunakan beberapa metode ini karena masing-masing memberikan wawasan yang unik dan mengatasi tantangan yang berbeda,” kata Enever.

Baca Juga: 4 Tips Membangun Merek Global Ala Fishbat

Misalnya, mengukur dampak pemasaran dengan meletakkan dasar data secara efektif untuk Marketing Mix Modeling dan Multitouch Attibution sangat penting untuk memfasilitasi Unified Measurement Approaches.

Metode apa pun yang dipilih pemasar, lanjut Enever, yang terbaik adalah bila digunakan dalam ekosistem pengukuran yang lebih luas, bukan dalam isolasi.

Empat cara efektif mengukur dampak pemasaran perusahaan itu direncanakan akan dipaparkan Gartner dalam Gartner Marketing Symposium/Xpo di London pada 18-20 Mei dan San Diego pada 1-2 Juni mendatang.●

—Richard O. Kimberly, TechnoBusiness Tips ● Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here